Selasa , 19 November 2019
Home / Metropolis / Rajut Kerukunan Umat Beragama di Bengkulu

Rajut Kerukunan Umat Beragama di Bengkulu

ADE/RB
UPACARA: Kepala Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Bustasar. MS, M.Pd saat memimpin upacara peringaran HAB kemarin.

BENGKULU – Hari Amal Bhakti (HAB) ke 73 Kementerian Agama (Kemenag), ada pekerjaan rumah (PR) berat yang harus dikerjakan oleh seluruh insan Kemenag. Yakni merajut kerukunan umat beragama. Apalagi saat ini tahun politik, isu agama kerap muncul yang bisa berpotensi mengakibatkan perpecahan kerukunan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar. MS, M.Pd mengatakan kalau masyarakat sudah terajut kebersamaan, sudah bersama melaksanakan kegiatan berbangsa dan bernegara tentu pemilu 2019 akan aman.

“Sebab kementerian agama merajuk kerukunan umat beragama,” terang Bustasar saat memperingati HAB ke 73 Kementerian Agama di halaman MAN 2 Kota Bengkulu Kamis (3/1).

Merajut kerukukan umat beragama juga merupakan perintah dari Menteri Agama RI. Sehingga tidak terjadi perpecahan dalam umat. Selain itu juga seluruh ASN di jajaran Kemenag harus bisa melayani masyarakat dengan senang hati. Sebab ASN merupakan abdi masyarakat yang harus melayani masyarakat dengan baik. “PR Ke depan membangun kebersamaan antarumat beragama. Sekaligus berupaya melaksanakan pembinaan terhadap umat, baik tokoh masyarakat dan sebagainya,” terangnya.

Dia juga mengatakan Gubernur Bengkulu respon terhadap kehidupan beragama. Kemenag selalu berkoordinasi dengan Pemprof Bengkulu untuk bisa menyatukan perbedaan yang ada. Sehingga antar umat tidak terjadi perselisihan yang dapat merusak kerukunan. “Ini menjadi PR kita,” terangnya

Upacara HAB ke 73 Kemenag kemarin di gelar di MAN 2 Kota Bengkulu. Diikuti oleh jajaran ASN Kemenag Provinsi Bengkulu, dan siswa madrasah. Saat upacara berlangsung, hujan deras mengguyur. ASN dan siswa peserta upacara bertahan dengan hujan yang deras tersebut.

Setelah upacara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan pada ASN yang telah bekerja dan mengabdi sesuai dengan tahun. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah perlombaan dalam rangka menyambut HAB Kemenag. Selain itu juga ditampilkan marching band MAN 2 Kota Bengkulu yang sudah berperestasi di tingkat Asia.

Dalam kesempatan itu, Bustasar mengaku sangat bangga dengan para petugas upacara, terutama pada pasukan kibar bendera yang sukses melaksanakan tugasnya. Sehingga Bustasar memberikan uang pembinaan. Begitu juga dengan pasukan marching band juga mendapatkan uang pembinaan dari Bustasar. Bahkan Bustasar memerintahkan Kabid madrasah untuk mengganti alat musik marching band tahun 2020 mendatang.

Sejumlah nasi tumpeng juga sudah disediakan. Bustasar kemudian memotong nasi tumpeng itu untuk diberikan pada senior-senior ASN Kemenag yang hadir dalam kegiatan tersebut. Sebelumnya Rabu (2/1) juga digelar acara tabur bunga di makam taman pahlawan. Untuk memberikan doa dan juga penghormatan bagi para pejuang.

IAIN Ingatkan Kerukunan

Sementara itu, Rektor IAIN Bengkulu, Prof. Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, MH mengimbau seluruh jajaran Kemenag untuk menjaga kerukunan dan menebarkan energi kebersamaan. Hal ini disampaikan ketika beliau membacakan sambutan Menteri Agama saat pelaksanaan Upacara HAB Kemenag ke 73 tahun kemarin (3/1) di halaman Rektorat IAIN Bengkulu.

“Bertepatan dengan tahun politik, mari maknai HAB Kemenag kali ini dengan senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan. Ajakan yang sama kepada semua elemen bangsa,” ujar Sirajuddin.

Pada peringatan HAB Kemenag kali ini, IAIN Bengkulu memberikan cenderamata dan tanda penghargaan kepada empat pensiusnan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemenag yang berada di IAIN Bengkulu. “Melalui peringatan HAB Kemenag RI, segenap civitas akademika IAIN Bengkulu mengucapkan terimakasih atas pengabdian bapak/ibu yang telah mengabdikan ada yang dua puluh sampai tigapuluh tahun di bawah naungan Kemenag terkhusus di IAIN Bengkulu” imbuh Sirajuddin.

Selain itu juga diselenggarakan kegiatan Rektor Cup dengan mengadakan berbagai perlombaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperetrat tali silahturahmi seluruh civitas akademika IAIN Bengkulu. adapun mata lomba yang diadakan yakni Lomba Nasi Tumpeng, Lomba Badminton, Lomba Tenis Meja dan Lapangan.(ade/ rko)

Berita Lainnya

IAIN Bengkulu Terpilih Menjadi Perguruan Tinggi Inovatif se-Indonesia

BENGKULU–  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu sukses meraih kategori Perguruan Tinggi Terinovatif se-Indonesia dalam ...

error: Content is protected !!