Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Metropolis / Setiap Hari 10 Warga Daftar Haji, Baru Bisa Berangkat Tahun 2044

Setiap Hari 10 Warga Daftar Haji, Baru Bisa Berangkat Tahun 2044

DAFTAR: Staf di penyelenggaraan haji dan umrah kantor Kemenag Kota Bengkulu sedang melayani warga yang ingin mendaftar haji, Jumat (4/1). (foto : yunike/rb)

BENGKULU – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu mengaku, setiap hari ada 10 hingga 15 warga yang datang untuk mendaftar pergi ibadah haji. Saat ini,  waiting list (daftar tunggu, red) haji di Kota Bengkulu sudah mencapai 7.533 orang. Dengan kuota keberangkatan hanya 311 orang setiap tahunnya, bagi yang mendaftar melalui Kemenag Kota Bengkulu, maka baru bisa berangkat ke Tanah Suci 25 tahun kemudian atau sekitar tahun 2044.

Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu H. Tasri, MA. “Kita tidak punya pilihan karena kuota untuk kita ini tidak bertambah sementara setiap hari selalu saja yang mendaftar. Kalau dihitung, setiap harinya rata-rata ada 10-15 warga Kota Bengkulu mendaftar haji. Sehingga membuat daftar tunggu haji di Kota Bengkulu semakin bertambah,” kata Tasri didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Erwan Gastra, S.Pd.I.

Ditambahkan Erwan, untuk berangkat ibadah haji, masyarakat cukup menyetor uang pendaftaran awal sebesar Rp 25 juta melalui bank yang sudah bekerja sama dengan Kemenag, terutama bank syariah. Seperti, BRI Syariah, BNI Syariah, Muamalat, Mega Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Sinar Mas Syariah. Sedangkan besaran Biaya Pelunasan Ibadah Haji (BPIH) akan dibayar mendekati keberangkatan.

“Untuk besaran BPHI kita menunggu kepres, yang nilainya setiap tahun bisa saja berubah. Biasanya kalau dolar naik maka sisa pelunasannya bisa saja naik dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

Menurut Erwan, proses untuk mendaftar berangkat ke Tanah Suci ini selanjutnya adalah, pendaftar datang ke Kantor Kemenag Kota Bengkulu untuk mengambil berkas persyaratan. Diantaranya meliputi, fotocopy e-KTP yang masih berlaku, fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan buku tabungan serta ijazah (SD/SMP/SMA)/akte kelahiran/buku nikah. Juga sertakan KIR kesehatan bagi yang belum mengetahui golongan darah.

Selain itu harus fotocopy paspor (bagi yang sudah memiliki). Kemudian foto closeup tampak wajah 80% berwarna latar belakang putih, yaitu 4×6 sebanyak 10 lembar, 3×4 sebanyak 20 lembar, dan 2×3 sebanyak 10 lembar.(key)

Berita Lainnya

Semeru Expo “Kan Kutunjukan Prestasi Hari Ini, Anak Mandiri Orang Tua Happy”

BENGKULU– Semeru Expo SDIT Iqro 1 resmi dibuka Wakil Walikota Dedy Wahyudi, SE,MM, Jumat (15/2). ...

error: Content is protected !!