Rabu , 27 Maret 2019
Home / Breaking News / Bangun Pabrik Kopi, Pemda Kepahiang Siapkan Dana Rp 2,5 Miliar

Bangun Pabrik Kopi, Pemda Kepahiang Siapkan Dana Rp 2,5 Miliar

KEPAHIANG– Pemerintah Kabupaten Kepahiang akan menggelontorkan dana mencapai Rp 2,5 miliar untuk pembangunan pabrik pengolahan kopi. Pertengahan tahun 2019 pembangunan pabrik pengolahan kopi tersebut akan dibangun di desa Temdak Kecamatan Seberang Musi.

Sekretaris Daerah Kepahiang, Zamzami Zubir, SE, MM mengungkapkan saat ini pihaknya masih merampungkan proses sertifikasi lahan yang akan dijadikan area pembangunan. Rencananya selain membangun pabrik kopi, Pemkab Kepahiang juga akan menyiapkan beberapa peralatan pengolahan kopi.

“Pembangunan ini akan menggunakan anggaran dari Alokasi Dana Khusus (DAK), yang bertujuan untuk meningkatkan produksi potensi kopi yang kita miliki. Nantinya pabrik pengolahan kopi ini akan kita kerjasamakan dengan investor yang tertarik mengembangkan produksi kopi Kepahiang,” jelas Zamzami.

Dengan adanya pabrik pengolahan kopi ini nantinya, Pemda Kepahiang berharap bisa menjadi salah satu momen untuk menggenjot perekonomian masyarakat, minimal dari sisi penyerapan tenaga kerja masyarakat sekitar. Untuk itu dengan semua fasilitas yang telah disiapkan tersebut, Pemkab berharap bisa memancing investor untuk bisa menanamkan modal usaha di Kabupaten Kepahiang.

“Kita optimis dengan fasilitas yang kita sediakan ini, para investor bisa datang untuk menanamkan modalnya di wilayah kita, sehingga bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat kita,” bebernya.

Zamzani berharap, di akhir 2019 mendatang pembangunan pabrik dan fasilitasnya bisa segera rampung, dan tahun 2020 produksi sudah bisa berjalan produksinya. “Kita berharap kedepan kita bisa memiliki produk lokal yang bisa dijual secara nasional tentunya dengan menggunakan brand daerah,” demikian Zamzami. (sly)

Berita Lainnya

Antisipasi Bencana, Dinas Ketahanan Pangan Usulkan Cadangan Beras 100 Ton

LEBONG SAKTI – Dalam struktur APBD Perubahan tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong ...

error: Content is protected !!