Jumat , 19 April 2019
Home / Berita utama / Sekda: Audit BPK Diselesaikan

Sekda: Audit BPK Diselesaikan

BENGKULU – Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengatakan, temuan potensi kerugian negara (KN) dalam penyelenggaraan Keuangan tahun 2017, sebagaimana hasil audit BPK akan diselesaikan. Menurutnya saat ini mayoritas temuan tersebut sudah banyak yang mulai dikembalikan melalui mekanisme pencicilan.

Ada beberapa yang sudah selesai secara total dan ada yang masih diusahakan dikembalikan. Namun ada niat baik dari organisasi perangkat daerah terutama pejabat pengelola keuangannya untuk mengembalikan potensi kerugian negara itu.

“Setelah BPK memberitahukan ada temuan di beberapa kegiatan dan OPD langsung dikembalikan. Kalau di OPD mana saja yang sudah selesai dikembalikan saya tak pegang datanya. Ya mungkin ada seribu dua ribu yang belum dikembalikan,” terangnya.

Berdasarkan hasil audit BPK banyak sekali ditemukan kerugian Negara, seperti di secretariat dewan terdapat indikasi realisasi biaya kegiatan reses yang tidak sesuai dengan kondisi atas pembayaran uang transport peserta dan biaya sewa tempat, sewa kursi dan sewa soundsystem sebesar Rp 1,052 miiar yang terindikasi merugikan keuangan daerah.

Kemudian di Dinas PUPR Provinsi Bengkulu ada Proyek irigasi berpotensi rugikan Rp 2,098 miliar.  Indikasi kelebihan pembayaran upah pekerja proyek swakelola rehab jembatan Rp 556,38 juta. Dan potensi kerugian negara 13 proyek jalan sebesar Rp 6,7 miliar

Temuan tersebut sudah banyak yang  dikembalikan. Berdasarkan data hasil kerja Inspektorat sudah ditindaklanjuti lebih dari 65 persnenya.  Sehingga Pemprov bisa mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian dalam laporan penggunaan anggaran.

Memang pengembalian kerugian negara tersebut tidak langsung selesai dikembalikan. Namun yang penting katanya, sudah ada niat mengembalikan. Jika tercecer Rp 1.000 tidak masalah. Memang pengembalian terhadap potensi kerugian Negara tersebut belum 100 persen. “Belum 100 persen mungkin besok bisa mereka cicil lagi. Yang penting ada niat baik, ada rejeki dikembalikan. Tidak bisa harus dipaksakan hari ini 100 persen pengembalian kerugiannya. Namanya juga ganti rugi,” kata Nopian.(del)

 

Berita Lainnya

Pemilu Serentak 2019 di Provinsi Bengkulu Berjalan Lancar, Partisipasi Pemilih diatas Rata – Rata Nasional

BENGKULU–  Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan bahwa tingkat partisipasi pemilih di Provinsi Bengkulu kurang lebih ...

error: Content is protected !!