Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Alat Peraga Kampanye Tidak Tertib, Siap-siap Dibongkar Bawaslu

Alat Peraga Kampanye Tidak Tertib, Siap-siap Dibongkar Bawaslu

CEK: Kapolres Mukomuko AKBP. Yayat Ruhiyat, S.IK mengecek kondisi gudang logistik KPU Mukomuko. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Seluruh Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak tertib, akan dobongkar. Terutama APK yang dipasang Partai Politik (Parpol) maupun Calon Legislatif (Caleg) di lokasi fasilitas umum. Pembongkaran akan dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mukomuko.

Rencana pembongkaran APK bakal dilaksanakan hari ini (9/1) melibatkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Polres Mukomuko, Satpol PP, hingga pemerintah kecamatan. Sebagaimana dibenarkan anggota Bawaslu Mukomuko, Amrozi, SE, M.Pd, kemarin (8/1).

Target pembongkaran APK diantaranya yang dipasang di rumah ibadah, sarana pendidikan, sarana kesehatan, pohon, persimpangan jalan, bundaran, dan lokasi fasilitas umum yang lainnya. Dia sebelumnya telah menyampaikan surat edaran (SE) pada parpol dan caleg. Supaya APK yang mereka pasang di fasilitas umum dapat dilepas sebelum Bawaslu yang membongkar.

“Untuk memastikan tidak ada APK dipasang di lokasi fasilitas umum, Rabu besok (hari ini, red), kami akan ke lapangan. Jika kami menemukan ada APK yang dipasang di lokasi fasilitas umum, langsung dibongkar,” tegas Amrozi.

Amrozi mengakui, sebelumnya banyak sekali APK dari berbagai parpol maupun caleg terpampang di lokasi fasilitas umum. Salah satunya di bundaran Kota Mukomuko, persimpangan jalan raya, dan lokasi lainnya.  “Kami tidak mempermasalahkan parpol atau caleg memasang APK. Sepanjang pemasangan di lokasi yang telah ditentukan. Seperti di halaman rumah pribadi atau di sekretariat parpol,” lanjut Amrozi.

Guna menghindari kesalahpahaman, Amrozi mengimbau parpol atau caleg segera membongkar sendiri APK yang mereka pasang di lokasi fasilitas umum.   “Kami minta segera dibongkar sebelum kita bongkar. Kalau kami yang bongkar, kesannya tidak bagus. Meski yang kami lakukan sesuai prosedur,” imbau Amrozi.

Sementara kemarin (8/1) Kapolres Mukomuko AKBP. Yayat Ruhiyat, S.IK bersama rombongan mengecek kondisi gudang logistik KPU Mukomuko.(hue)

Berita Lainnya

Dua Oknum PNS Terancam Dipecat

MUKOMUKO – Ada dua PNS Pemkab Mukomuko terancam dipecat. Ini setelah Pemkab Mukomuko memastikan tidak ...

error: Content is protected !!