Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Banyak Desa di Bengkulu Utara Enggan Bayar Pajak DD

Banyak Desa di Bengkulu Utara Enggan Bayar Pajak DD

ARGA MAKMUR – Hasil pemeriksaan Inspektorat Daerah Bengkulu Utara atas pelaksanaan Dana Desa (DD), diketahui dari 215 desa yang mengelola dan melaksanakan DD, hanya 57 desa yang diperiksa sebagai sampel pelaksana DD. Dari 57 desa, Inspektorat mendapati temuan pelanggaran dalam pelaksanaan DD. Lebih dari 32 desa diketahui tidak membayarkan pajak DD, sedangkan sudah jelas dalam aturan pengelolaan DD tetap wajib menyetorkan pajak. Namun adanya temuan tersebut tidak sampai masuk dalam temuan pemeriksaan apalagi dilimpahkan ke Aparat Penegak Hukum (APH). Tim audit meminta seluruh desa yang belum menyetorkan pajak untuk segera menyetorkan dalam waktu satu minggu.

Inspektur Inspektorat, Dullah, SE menuturkan hampir seluruh desa sudah menyetorkan pajak. Namun ada juga yang tetap menjadi temuan lantaran terlambat menyetorkan pajak, hal ini berimbas pada hilangnya uang pajak jika tidak disetorkan.

“Tidak ada alasan, meskipun terlambat tetap harus dibayarkan. Makanya kita tunggu bukti pembayaran pajak dan sebagian besar sudah membayar,” terangnya.

Desa-desa yang terlambat membayar pajak tetap dilaporkan Inspektorat ke bupati, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan  masing-masing camat. Inspektorat meminta desa-desa tersebut dilakukan pembinaan khusus sehingga tidak terulang lagi. “Kita minta pengawasan khusus, karena dalam jumlah DD sudah terhitung untuk pemotongan pajak. Sehingga harus dilampirkan bukti pembayaran pajak,” katanya.

Namun ia membantah terlambatnya penyetoran pajak lantaran uang pajak disalahgunakan. Sebagian besar uang pajak digunakan untuk penambahan bangunan fisik dan ada juga yang memang belum disetorkan. “Sehingga kepala desa sebagai pengguna anggaran tetap wajib membayarkan pajak senilai masing-masing kegiatan,” terang Dullah.(qia)

Berita Lainnya

Tampilan Baru New Honda BeAT Street eSP Semakin Ekspresif

BENGKULU – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran terbaru untuk New Honda BeAT Street ...

error: Content is protected !!