Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Satpol PP Sosialisasi dan Tertibkan Pedagang Buah

Satpol PP Sosialisasi dan Tertibkan Pedagang Buah

TERTIBKAN: Satpol PP Kabupaten Rejang Lebong melakukan pendataan dan penertiban pedagang buah dan asongan di trotoar jalan. (foto : wanda/rb)

CURUP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Rejang Lebong (RL), kemarin kembali melakukan penertiban sekaligus sosialisasi Perda Nomor 05 tahun 2012 tentang pemberdayaan PKL Pasal 33 huruf (h) dan hurf (i) kepada pedagang buah dan asongan di sejumlah lokasi. Para pedagang ini masih saja kucing-kucingan meskipun sudah sering ditertibkan.

Padahal sudah sejak lama di lokasi dipasang imbauan penyampaian Perda Nomor 05 tahun 2012 tentang pemberdayaan PKL Pasal 33 huruf (h) dan huruf (i). Dalam Perda tersebut jelas dan tegas soal larangan PKL, termasuk PKL  yang menggunakan kendaraan di lokasi larangan, seperti trotoar dan  pemberhentian sementara. Sangsi pidananya maksimal 3 bulan pidana atau denda Rp 1 juta.

Diungkapkan Kepala Satpol PP Kabupaten RL Rachman Yuzir, S.Sos kepada RB kemarin, penertiban pedagang dibackup persol TNI dan Polri wilayah Kabupaten RL. Lokasi yang disasar, mulai dari sepanjang jalan S. Sukowati hingga sepanjang kawasan MH. Tamrin Kelurahan Air Rambai Kecamatan Curup.

‘’Hari ini razia atau penertiban kita lakukan pagi dan sore, karena biasanya masih ada pedagang yang membandel. Semua pedagang yang terjaring kita berikan sosialisasi sekaligus mendata. Mereka langsung diminta untuk memindahkan barang dagangan mereka yang melanggar perda,’’ terang Rachman.

Ditambahkan Rachman, mereka sudah menyusun jadwal untuk melakukan penertiban secara dadakan selama Janujari 2019. Ini untuk memastikan para pedagang yang membandel agar tidak lagi mencoba kucing-kucingan dengan personil Satpol PP. ‘’Februari, penertiban terus kita lakukan dan yang masih terjaring, kita pastikan tindak tegas sesuai aturan Perda yang berlaku,’’ demikian Rachman.(dtk)

Berita Lainnya

Perbaiki Irigasi Rusak Berat!

SELUPU REJANG – Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan ...

error: Content is protected !!