Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Seluma / BKSDA Mulai Pasang Kerangkeng Beruang

BKSDA Mulai Pasang Kerangkeng Beruang

PASANG KERANGKENG: Petugas BKSDA Seksi Wilayah II Seluma memasang Kerangkeng untuk menangkap beruang, Rabu (9/1). (foto : ist/rb)

SELUMA UTARA – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Wilayah II Kabupaten Seluma, akhirnya memasang perangkap berupa kerangkeng untuk menangkap beruang madu. Sebagaimana diketahui, Sabtu (6/1) lalu ada warga Desa Selingsingan, Kecamatan Seluma Utara bernama Riduan (43) jadi korban keganasan beruang madu.

‘’Penempatan kerangkeng ini untuk antisipasi timbulnya korban lain. Kerangkeng kita tempatkan di kebun milik warga yang menjadi korban serangan beruang,’’ terang Kepala BKSDA Seluma, Darwis Saragih, SH kemarin (9/1).

Menurut Darwis, pemasangan kerangkeng ini selain untuk mencegah timbul korban juga untuk menyelamatkan beruang madu tersebut untuk dikembalikan ke habitatnya. “Nanti jika sudah berhasil kita tangkap, beruang tersebut akan kita karantina terlebih dahulu, sebelum nantinya kita kembalikan ke habitatnya,” kata Darwis.

Pantauan RB, untuk membawa kerangkeng berukuran 1×2 meter tersebut ke lokasi pemasangan, petugas BKSDA dibantu warga dengan cara memikul kerangkeng secara bergantian. Sedangkan untuk memancing beruang madu masuk ke dalam perangkap itu, BKSDA menggunakan buah nangka matang yang diletakkan di dalam kerangkeng. ‘’Beruang sangat suka dengan buah nangka. Kami yakin tidak akan lama beruang ini akan masuk perangkap,’’ imbuhnya.

Kepada masyarakat Darwis tetap menghimbau agar tidak bepergian sendiri saat ke kebun. Usahakan saat melaksanakan aktivitas tersebut, tidak berjauhan agar jika terjadi sesuatu cepat diketahui dan saling tolong.

‘’Kita tidak melarang warga beraktivitas di kebun, karena itu mata pencarian mereka. Jadi kami imbau agar tetap waspada saja. Segera lapor jika melihat keberadaan beruang madu,’’ pungkasnya.(aba)

Berita Lainnya

Retribusi 5 TPI Belum Dipungut

SELUMA – Lima Tempat Pelelangan Ikan (TPI)  yang ada di Kabupaten Seluma saat ini belum ...

error: Content is protected !!