Senin , 25 Maret 2019
Home / Uncategorized / Penerima PKH Berkurang, Besaran Uang Bantuan Berbeda

Penerima PKH Berkurang, Besaran Uang Bantuan Berbeda

BENGKULU – Penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Bengkulu berkurang dibanding dari tahun sebelumnya. Bila tahun 2018 lalu jumlah penerima PKH mencapai 91.809 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tahun ini turun berkurang sebanyak 765 penerima hingga penerimanya menjadi 91.044 KPM tersebar di 10 kabupaten/kota.

Tak hanya jumlah berubah, tapi besaran uang yang akan diterima setiap KPM juga berbeda tidak seperti tahun lalu. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Bengkulu Dr. H Iskandar, ZO mengatakan penerima KPM terbanyak ada di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) ada 16.795 KPM, menyusul Rejang Lebong sebanyak 13.500 KPM dan Kota Bengkulu ada 12.091 KPM. (lihat grafis)

Sementara alokasi pasti jumlah anggaran PKH untuk Provinsi Bengkulu belum diketahui. Lantaran surat resmi dari Kemensos RI mengenai alokasi anggaran belum diterima Dinsos Provinsi Bengkulu. “Perubahan angka penerima karena ada KPM sudah tidak memenuhi lagi komponen-komponen sebagai syarat untuk masuk PKH. Seperti, tidak ada lagi ibu hamil, atau kompenen anak sekolah usia SD-SMA,” kata Iskandar.

Ditambahkan Koordinator Wilayah PKH Provinsi Bengkulu Dra. Hj. Elisa Yuniarti, M.Si terjadi penurunan angka penerima PKH di Provinsi Bengkulu hingga 765 KPM disebabkan banyak faktor. Diantaranya karena kehidupan keluarga itu lebih baik dan tergolong mampu sehingga dicoret dari daftar penerima PKH.

Selain itu bisa juga dikarenakan syarat komponen penerima tidak lagi terpenuhi. Yaitu, sudah tidak ada lagi ibu hamil, balita, anak sekolah maupun lansia serta disabilitas di keluarga tersebut. Bukan karena kuota untuk Provinsi Bengkulu dikurangi. “Hanya bisa dikeluarkan dari daftar, tapi tidak bisa dialihkan ke keluarga tidak mampu lainnya. Padahal banyak masuk usulan dari kabupaten/kota,” terang Elisa.

Perubahan lainnya terjadi pada besaran uang diterima oleh KPM. Menurut Elisa, bila tahun lalu setiap KPM menerima jumlah uang sama sebesar Rp 1.890.000 pertahun maka tahun ini tidak lagi disamaratakan. Besaran yang akan diterima KPM sesuai dengan komponen pada keluarga tersebut. “Kembali ke aturan lama, setiap penerima bisa berbeda-beda mendapatkan dana PKH. Tergantung komponen yang ada dalam keluarga penerima PKH,” bebernya.

Elisa menambahkan untuk penyaluran PKH pertriwulan dalam 1 tahun. Direncanakan untuk penyaluran tahap awal triwulan pertama pada Januari ini. Kemudian triwulan kedua pada April, selanjutnya bulan Agustsus dan terakhir di November. Setiap komponen nilainya pun berbeda, terdiri dari untuk ibu hamil Rp 1,2 juta pertahun, balita Rp 1,2 juta pertahun, anak SD Rp 1 juta, anak SMP Rp 1,5 juta, anak SMA Rp 2 juta, lansia Rp 2,4 juta, dan disabilitas Rp 2,4 juta.

“Apakah ada pembatasan komponen atau tidak nantinya, kita juga masih menunggu petunjuk lebih lanjut. Kalau dulu dibatasi dalam 1 keluarga hanya 3 komponen,” demikian Elisa. (key)

Grafis Penyebaran PKH di Prov Bengkulu

Kabupaten/Kota                 Penerima PKH (KPM)

Bengkulu Utara                  16.795

Rejang Lebong                  13.500

Kota Bengkulu                   12.091

Seluma                               10.946

Bengkulu Selatan               8.218

Mukomuko                        7.197

Kaur                                   6.587

Kepahiang                          6.042

Lebong                               5.033

Bengkulu Tengah                4.635

Berita Lainnya

Pemda Provinsi Proses SK CPNS Susulan

BENGKULU –Sebanyak 285 CPNS Pemprov Bengkulu yang sudah menerima SK pengangkatan CPNS pada 28 Februari ...

error: Content is protected !!