Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Lebong / Rumah Susun PNS Hanya Hak Sebatas Menempati

Rumah Susun PNS Hanya Hak Sebatas Menempati

PERSIAPAN: Petugas dari Kementerian PUPR saat meninjau lahan persiapan pembangunan rumah susun di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Pelabai beberapa waktu lalu. (foto : aris/rb)

PELABAI – Bangunan rumah susun (rusun) untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, statusnya hanya sebatas hak menempati. Artinya rusun senilai Rp 54 miliar bantuan pemerintah pusat itu tetap menjadi milik pemerintah, Layaknya rumah dinas.

‘’Hanya saja untuk penggunaan listrik dan air, biayanya ditanggung pengguna,’’ ungkap Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Peemukiman (DPKP) Kabupaten Lebong, Yulizar, SH.

Rusun tiga lantai berjumlah 46 unit kamar yang akan dibangun di Kelurahan Tanjung Agung, persisnya di belakang Masjid Agung Sultan Abdullah diperuntukan bagi PNS Lebong belum memiliki rumah. Diprioritaskan bagi PNS yang pangkat dan golongan rendah. ‘’Yang pasti kami masih menunggu petunjuk dari Kementerian PUPR (pekerjaan umum dan perumahan rakyat, red),’’ ungkap Yulizar.

Setiap unit kamar dipastikan Yulizar cukup untuk menampung satu keluarga. Masing-masing unit dilengkapi ruang tamu, 2 kamar tidur, dapur dan kamar mandi. Termasuk kelengkapan mebeler. Bentuk rumah susun ditetapkan berdasarkan standar yang dikeluarkan Kementerian PUPR. ‘’Nanti bentuknya sama dengan rumah susun untuk PNS yang ada di Rejang Lebong,’’ jelas Yulizar.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lebong, Mahdi, S.Sos meminta Pemkab Lebong benar-benar profesional dalam menetapkan PNS yang berhak menempati rumah susun itu. Jangan sampai rumah susun menimbulkan permasalahan di belakang hari. Dalam artian ditempati PNS yang tidak tepat sasaran sehingga realisasinya tidak banyak membantu PNS yang benar-benar belum memiliki rumah. ‘’Nanti malah ditempati para pejabat. Kalau pejabat kan sudah disediakan rumah dinas,’’ tukas Mahdi. (sca)

Berita Lainnya

Lelang Mobnas Banyak “Titipan”

PELABAI – Pelaksanaan lelang 79 unit mobil dinas (mobnas) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong besok, ...

error: Content is protected !!