Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Taba Renah Mulai Nikmati Air Bersih Sumur Bor Bantuan Kementerian ESDM

Taba Renah Mulai Nikmati Air Bersih Sumur Bor Bantuan Kementerian ESDM

BANTUAN: Bupati Benteng, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH mencoba air dari sumur bor yang dibangun melalui bantuan Kementerian ESDM di Desa Tabah Renah Kecamatan Pagar Jati, Rabu (9/1). (foto : fintah/rb)

BENTENG – Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menjadi salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu yang menerima bantuan pembuatan sumur bor. Bantuan ini dari program Badan Geologi Kementerian ESDM. Selain Benteng, Kabupaten Kepahiang, Kaur dan Mukomuko juga mendapatkan bantuan serupa.

Secara simbolis bantuan sumur bor tersebut diserahkan langsung kepada Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH, MH, kemarin (9/1). Juga dihadiri Bupati Kepahiang Hidayatullah Syahid dan perwakilan dari Kabupaten Mukomuko dan Kaur. Khusus di Benteng, bantuan ini dibangun di Desa Taba Renah, Kecamatan Pagar Jati.

Perwakilan Kementerian ESDM, Susyanto SH, M.Hum menjelaskan bantuan ini merupakan bagian upaya pemerintah pusat untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan sarana air bersih. “Benteng merupakan daerah dengan geografis perbukitan, menjadi salah satu kendala dalam penyediaan air bersih,” terangnya.

Dengan bantuan ini, diharapkan akan membantu masyarakat dalam mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Sarana air bersih dari sumur bor juga dilengkapi dengan bak penampungan dengan kapasitas 5 ribu liter, serta fasilitas umum seperti kamar mandi.

Kades Taba Renah, Sunarno menyampaikan pihaknya sangat terbantu dengan sarana air bersih dari sumur bor tersebut. Ia berharap masih bisa ditambah lagi, mengingat jumlah penduduknya terbilang banyak, sementara kondisi wilayahnya merupakan perbukitan dan sulit untuk mendapatkan air bersih dari sumur biasa. “Kami minta juga bantuan untuk pipa supaya bisa menyalurkan air bersih ke rumah warga,” harapnya.

Ferry Ramli dalam sambutannya berharap tahun ini kembali mendapatkan bantuan serupa. Terutama untuk daerah-daerah yang lain yang geografisnya sama dengan Desa Taba Renah. “Beberapa desa lainnya juga memerlukan bantuan untuk sarana air bersih, dan hal itu akan terus diupayakan melaljui berbagai bantuan salah satunya dari Kementerian ESDM,” ujar Ferry.(vla)

Berita Lainnya

Infrastruktur Masih Program Andalan

BENTENG – Memasuki usianya yang ke-11, infrastruktur masih menjadi program andalan dari Pemkab Bengkulu Tengah ...

error: Content is protected !!