Selasa , 20 Agustus 2019
Home / Berita utama / Tak Kunjung Diperbaiki Pemda, Kapolda Turun Tangan Tambal Jalan Berlubang

Tak Kunjung Diperbaiki Pemda, Kapolda Turun Tangan Tambal Jalan Berlubang

TAMBAL JALAN: Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Coki Manurung, SH, M.Hum saat melakukan penambalan jalan berlubang di Jalan Bhayangkara Kelurahan Sidomulyo atau persisnya depan RSUD M Yunus (RSMY) Bengkulu. (foto : hasrul/rb)

BENGKULU – Kerusakan di sejumlah titik jalan dalam Kota Bengkulu menjadi atensi Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Coki Manurung, SH, M.Hum. Bahkan Kamis (10/1), bersama dengan Wakapolda Kombes Pol. Budi Widjanarko, SH, M.Hum dan pejabat utama (PJU) lainnya turun langsung melakukan penambalan jalan.

Dari pantauan RB, penambalan dengan cara dicor menggunakan adukan semen tersebut diawali di jalan depan RSUD M Yunus (RSMY) Bengkulu. Dimana berdasarkan laporan dari masyarakat ke aplikasi Polda Bengkulu bahwa jalan tersebut sudah sering memakan korban kecelakaan lalu lintas. Selain itu, berlanjut ke jalan simpang Hibrida-RSMY yang kondisinya rusak parah.

Selain itu, jalan berlubang di Jalan Hibrida Raya dan Jalan Danau yang sempat dipasangi warga pohon pisang juga menjadi perhatian Kapolda dan langsung dilakukan tambal. “Hari ini ada 6 titik, karena ada beberapa laporan dari masyarakat yang masuk ke dalam aplikasi laporan kita. Bahwa banyak jalan yang perlu dilakukan perbaikan. Dan juga banyak yang terjadi kecelakaan karena jalannya rusak parah, seperti yang depan rumah sakit,” ujar Kapolda Coki.

Dikatakannya, kondisi kerusakan jalan tersebut menjadi atensi pihaknya dan mereka juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) membahas solusinya. Terpantau juga, Kapolda juga mengobrol dan bertanya langsung dengan warga di sekitar lokasi jalan rusak untuk memastikan laporan bahwa jalan rusak menyebabkan kecelakaan tersebut benar-benar terjadi. “Ya ini ini menjadi atensi kita, dan kita sudah koordinasi dengan pemerintah daerah,” terangnya.

Kapolda berharap agar pemerintah daerah juga harus melakukan pembenahan atau perbaikan terhadap jalan-jalan yang rusak tersebut. Karena berdasarkan laporan yang diterimanya sudah banyak masyarakat yang mengeluh mengenai kondisi jalan yang rusak dan memakan korban lakalantas tersebut. “Memang harus dilakukan segera pembenahan (oleh pemerintah daerah), kan ada anggaran pemeliharaan,” ucap Kapolda.

Sementara itu, pasangan suami istri (pasutri), Hidayat (52) dan Lasmina (48) yang membuka warung persis di Simpang Hibrida-RSMY mengaku memang kerusakan jalan tersebut membahayakan pengendara. Sudah banyak pengendara motor yang jatuh dan pengemudi mobil yang terperosok hingga harus dibantu dorong. “Sudah sering sekali pak, ada yang jatuh pas lagi bonceng anaknya, kasihan kadang lihatnya pak. Dengan ditambal begini bagus sekali. Kalau bisa dari pemerintah benar-benar dibagusi semua jalan se-kota ini,” kata Hidayat yang diamini istrinya, Lasmina.

Terpisah, Anggota DPRD Provinsi Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Bengkulu, Agung Gatam mengatakan pemerintah daerah seharusnya malu. Sebetulnya apa yang dilakukan Kapolda tersebut sebagai bentuk sindiran halus ke pemerintah daerah.  “Ya sebetulnya malu, punya duit, dan ada anggaran untuk pemeliharaan jalannya. Kalau sampai kapolda dan kapolres turun tambal jalan sendiri ke lapangan itu, sebenarnya itu sindiran halus, dan itu sangat memalukan,” kata Agung Gatam.

Untuk itu, Agung Gatam meminta agar dinas-dinas terkait baik Dinas PU Provinsi dan Kota harus bersinergi dalam menangani kerusakan jalan dalam Kota Bengkulu ini. Menurutnya, hal itu penting mengingat Kota Bengkulu ini sebagai wajah dari Bengkulu Bengkulu yang tentunya jalannya harus bagus. “Sekarang kan masih banyak tumpang tindih, ini jalan provinsi, jalan kota, kita harapkan itu segera diselesaikan agar nanti bisa bersinergi menanganinya,” jelasnya.

Untuk di Dinas PU Provinsi diakuinya memang sudah diploting anggaran perbaikan jalan. Dia mengatakan jika anggaran pemeliharaan jalan tersebut kurang agar dinas PU dapat mengajukan ke dewan untuk bisa dianggarkan. (zie)

Berita Lainnya

Praja Muda Cari Aman

BENGKULU – Astra Motor Bengkulu bekerjasama dengan Polsek Gading Cempaka Kota Bengkulu melakukan kampanye keselamatan ...

error: Content is protected !!