Rabu , 27 Maret 2019
Home / Breaking News / 1.600 Warga Masuk Antrean PKH di 2020, Bantuan Tahap I Molor

1.600 Warga Masuk Antrean PKH di 2020, Bantuan Tahap I Molor

BENGKULU –  Kadis Sosial Kota Bengkulu, Ir. Syahrul Tamzie mengatakan, penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I untuk 12.091 warga Kota Bengkulu kemungkinan akan molor. Alasannya, sampai saat ini pihaknya belum menerima pemberitahuan jadwal penyaluran PKH terbaru.

Biasanya awal Januari atau sekitar tanggal 7 Januari dana bantuan PKH untuk tahap I mulai disalurkan secara bergelombang. Namun untuk tahun ini, baik Dinsos maupun pelaksana PKH Kota Bengkulu, masih menunggu jadwal pasti dari kementerian untuk penyaluran tahap I kepada 12.091 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Sepertinya molor. Dimaklumi juga, ini mungkin awal tahun dan dilaksanakan diseluruh Indonesia. Ada 10 juta penerima PKH se-Indonesia, jadi antrean. Mudah-mudahan dalam bulan ini tersalurkan,” kata Syahrul.

Sementara itu, sebanyak 1.600 warga Kota Bengkulu yang batal menerima bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) masih berpeluang untuk mendapatkan bantuan perlindungan sosial lainnya.Termasuk bila ada kuota tambahan penerima PKH di Kota Bengkulu. Lantaran data 1.600 warga miskin ini sudah masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT).

“Kami sudah melakukan validasi data 3 ribu warga yang rencananya untuk tambahan penerima PKH, sesuai instruksi kemensos. Baru dapat kuota tambahan untuk tahun ini sebanyak 1.400,” imbuh Syahrul Tamzie.

Sedangkan untuk 1.600 warga lagi, sambungnya, tetap masuk BDT milik kemensos RI menunggu antrian untuk penerima program PKH selanjutnya atau nantinya Kota Bengkulu kembali mendapatkan jatah penerima tambahan dari kemensos. Tak hanya berpeluang untuk mendapatkan bantuan PKH, namun 1.600 warga ini tadi juga berpeluang untuk mendapatkan program jaminan perlindungan sosial lainnya milik kemensos R.

“Menunggu giliran, nanti kalau ada penerima mengundurkan diri dari program ini bisa itu giliran giliran kita,” terangnya.

Sementara itu, terkait bakal molornya penyaluran PKH tahap I ini, Koordinator Pelaksana PKH Kota Bengkulu Anggi Rio Putra, M.Pd.Si, pihaknya juga masih menunggu jadwal penyaluran PKH di Kota Bengkulu. Uang bantuan akan disalurkan kepada rekening masing-masing penerima manfaat dengan besaran berbeda, sesuai komponen pada keluarga tersebut. (lihat grafis)

“Di kota ada 56 pendamping PKH, total SDM kita ada 61 orang termasuk operator dan supervisi serta koordinator. Selain mendampingi KPM, tugas pendamping juga melakukan validasi dan verifikasi data,” beber Anggi.(key)

Besaran Bantuan Program Keluarga Harapan 2019

Komponen Bantuan                         Indeks Bantuan (Rp/tahun)

Tetap Reguler                                      Rp 550 ribu

Tetap Wilayah PKH Akses                 Rp 1 juta

Kesehatan Ibu Hamil                          Rp 2,4 juta

Kesehatan Anak 0-6 tahun                 Rp 2,4 juta

Pendidikan SD/MI/Sederajat              Rp 900 ribu

Pendidikan SMP/MTS/Sederajat        Rp 1,5 juta

Pendidikan SMA/MA/Sederajat         Rp 2 juta

Kesejahteraan Lansia                          Rp 2,4 juta

Kesejahteraan Disabilitas                    Rp 2,4 juta

 

 

Berita Lainnya

PL Pengadaan Obat Dinkes Rp 1,7 Miliar, Rawan Praktik KKN

KEPAHIANG – Banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melakukan pengadaan barang dan jasa dengan sistem ...

error: Content is protected !!