Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Metropolis / DLH Kesulitan Atasi Tumpukan Sampah

DLH Kesulitan Atasi Tumpukan Sampah

MENUMPUK: Tumpukan sampah di Jalan Citandui sudah beberapa hari ini tak kunjung di angkut. Kondisi ini sudah berulang kali terjadi. (foto : fazlur/rb)

BENGKULU – Sudah seringkali diberitakan, sudah sering kali pula diberi imbauan namun tampaknya tetap diacuhkan oleh masyarakat yang kurang kesadaran membuang sampah pada tempatnya. Seperti halnya tumpukan sampah di badan jalan ruas Jalan Citandui Kelurahan Kandang yang berulang kali terjadi.

Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Rusman Efendi saat dikonfirmasi RB kemarin mengatakan jika sebetulnya imbauan sudah sering disampaikan kepada masyarakat yang ada di sepanjang jalur Jalan Citandui hingga ke Kelurahan Kandang, Bumi Ayu dan Kelurahan Pagar Dewa. Namun kenyatanya tumpukan sampah di lokasi tersebut terus saja terjadi.

“Kami memang belum bisa menjangkau ke arah sana sehingga kami sudah lakukan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah disana,” kata Rusman.

Dikatakan, pihaknya meminta peran aktif dari perangkat pemerintahan setempat mulai dari Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan Cama agar bisa turut serta membina masyarakat dengan mensosialisasikan agar menjaga kebersihan bersama. “Kami juga sudah menyediakan bak sampah di beberapa lokasi Jalan Tribrata dan juga Tapak Jeddah, yang sejalur dengan jalan tersebut, namun tampaknya masyarakat tetap membuang disana,” ujarnya.

Selain itu, Rusman juga berharap agar perangkat pemerintahan tersebut dapat menggerakkan kembali Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di wilayah masing-masing yang nantinya bisa melakukan pengangkutan sampah-sampah rumah tangga warga sekitar lokasi. “Kalau memang LPM juga sulit untuk diihidupkan dapat berkoordinasi dengan kami agar bisa dikelola oleh LPM swasta. Kita berharap agar masyarakat juga berperan aktif untuk sama-sama menjaga kebersihan Kota Bengkulu yang kita cintai ini,” demikian Rusman. (zie)

Berita Lainnya

Resmi Dilantik, Anggota DPRD Kota Bengkulu Diminta Bersinergi dan Kerja Profesional

BENGKULU–  Pasca Pemilu Presiden RI dan Legislatif, termasuk Pemilihan Legislatif DPRD Kota Bengkulu 17 April ...

error: Content is protected !!