Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Metropolis / Honorer Pemprov Dapat THR Satu Bulan Gaji

Honorer Pemprov Dapat THR Satu Bulan Gaji

BENGKULU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tahun ini tidak menaikkan standar gaji untuk para honorer. Tetapi upah honorer di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) disamaratakan sebesar Rp 1,8 juta per bulan.  Memang angkanya berada di bawah upah minimum provinsi (UMP) Rp 2,04 juta. Namun, untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai honorer, sudah disediakan anggaran untuk tunjangan hari raya (THR).

Besarannya satu bulan gaji, atau sama dengan ASN yang juga mendapatkan THR sebulan gaji. Hal Ini disampaikan oleh Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA. “Kalau gajinya disamakan tahun ini, besarannya Rp 1,8 juta,” terangnya.

Dalam artian tahun ini honor tenaga honorer Pemprov sudah seragam nominal gajinya. Tidak lagi ada perbedaan honor antar OPD. Sementara itu, untuk kenaikan gaji ASN, Gubernur juga mengatakan kalau pembayarannya saat ini hanya tinggal menunggu surat edaran. Kenaikan gaji ASN ini sesuai dengan keputusan Kementerian Keuangan. Berapa persen kenaikan itu sudah dianggarkan dalam APBD tahun 2019.

“Kalau ada instruksi tinggal kita bayar kan. Sebab anggarannya sudah ada,” terangnya.

Gaji PNS Naik

Sementara itu, janji pemerintah pusat dalam pidato kenegaraan Presiden saat perayaat HUT kemerdekaan RI, tahun ini ada kenaikan gaji ASN. Kenaikan gaji ASN ini sudah lama tidak dirasakan oleh para abdi negara tersebut. Sehingga mereka sangat menunggu realisasi dari janji itu. Gubernur mengatakan, saat ini mereka tinggal menunggu surat edaran Kementerian Keuangan untuk membayarkan kenaikan gaji tersebut. Sebab saat pembahasan APBD lalu pemerintah sudah menganggarkan kenaikan gaji itu. “Tunggu instruksi membayar,” katanya

Sementara itu terkait dengan wacana kenaikan gaji kepala daerah, Gubernur mengatakan saat ini dia sendiri belum  tahu informasinya. Jika pemerintah pusat menaikkan gaji kepala dareh tentu memiliki kajian kompeherensif. Kajian yang diambil tersebut betul-betul nanti memberikan dampak positif bagi kinerja pemeirntah. “Kalau informasi kenaikan gaji kepala daerah itu saya belum mendapatkan informasinya,” terangnya.

Informasi honorer dapat THR sebulan gaji tahun ini disambut sukacita oleh para honorer. Seperti SF honorer di sekretariat gubernur. Tahun lalu dia tidak mendapatkan THR sebulan gaji. Beruntungnya bagian umum tetap memberikan bingkisan untuk lebaran. “Alhamdulillah kalau kami diberikan THR sebulan gaji. Kami sangat berterima kasih sekali akan hal ini,” terangnya.

Sementara itu Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu, Suharto mengatakan gaji honorer itu sebisa mungkin mengikuti UMP. Jika tidak bisa sama dengan UMP, paling tidak kekurangannya tidak jauh. Ini sebagai wujud perhatian dengan para honorer. Namun disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. “Gubernur nanti bisa mengambil kebijakan terkait hal itu. Bisa saja ada kebijakan supaya honor mereka bisa naik,” terangnya.(del)

Berita Lainnya

Cuti Bersama, Layanan Kesehatan Tetap Buka

BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, memastikan pelayanan kesehatan di Kota Bengkulu tetap akan ...

error: Content is protected !!