Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bangun Publik Safety Center

Bangun Publik Safety Center

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko tahun ini akan membangun gedung pusat pelayanan tanggap darurat atau Public Safety Center (PSC) 119. Ini berguna untuk membantu penanganan kesehatan terhadap masyarakat secara cepat.

“Anggaran pembangunan gedung PSC 119 sebesar Rp 1,5 miliar. Menggunakan dana alokasi khusus (DAK),” kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, Jhoni, S.IP.

Bangunan gedung rencananya berukuran 12 x 12 meter di depan Kantor Dinkes Mukomuko. Sedangkan pelaksanaan perencanaan pembangunan gedung, Februari nanti. Konsultan perencanaan pembangunan, bakal diajak ke Kabupaten Kepahiang. Pasalnya di kabupeten tersebut sudah memiliki bangunan seperti itu. Baru dilanjutkan dengan lelang kegiatan pembangunan di Bagian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mukomuko.

Kendati pengerjaan pembangunan gedung PSC 119 dilaksanakn tahun ini. Namun Pemkab Mukomuko hingga sekarang belum membentuk tim layanan tanggap darurat tersebut. Mestinya tim itu sudah dirancang dan dibentuk. Karena tim merupakan gabungan dari beberapa instansi. Diantaranya beranggotakan dari Dinkes, Dinas Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar), Polres Mukomuko, Kodim 0428/Mukomuko, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Terlibatnya Polres dan Kodim 0428/Mukomuko, karena tim PSC 119 ini tidak hanya fokus pada satu layanan cepat tanggap darurat kesehatan saja. Tapi juga layanan cepat keamanan dan ketertiban masyarakat. “Terkait dengan peralatan penunjang kegiatan pelayanan tanggap darurat, kami telah usulkan pengadaan. Seperti meubeler, yang baru akan diajukan di tahun 2020, termasuk ambulans,” demikian Jhoni.(hue)

Berita Lainnya

Awasi Proses Pembangunan

MUKOMUKO – Semakin gencarnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten, ...