Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Kaur / DD 2019 Diutamakan Untuk Pemberdayaan

DD 2019 Diutamakan Untuk Pemberdayaan

KOTA BINTUHAN – Tahun 2019, Dana Desa (DD) untuk 192 desa akan lebih besar dari tahun 2018. Belum lagi ditambah dengan ADD yang sudah full diberikan Pemkab Kaur. Jika dihitung, jumlah DD tahun 2019 Rp 146 miliar dan ADD mencapai Rp 47 miliar untuk tahun ini.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur berharap DD tahun 2019 mulai difokuskan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. Dengan membangun BUMDes dan usaha kemasyarakatan sesuai Permendes Nomor 16 tahun 2018.

Dengan harapan ke depan desa yang selama ini tertinggal bisa jadi desa berkembang, kemudian jadi desa mandiri dan sejahtera. Untuk mencapai itu semua desa harus membangun unit usaha dan menggali potensi. “Kalau saya perhatikan sudah beberapa tahun ini sebagian besar desa fokus pada fisik. Ke depan akan kita upayakan fokus pemberdayaan masyarakat untuk membangun perekonomian desa. Bagaimana desa tertinggal bisa jadi sejahtera. Tentu dengan menggali potensi desa menggunakan DD,” terang Kepala PMD Kaur Asmawi, S.Ag, MH.

Dia berharap agar ke depan porsi pembangunan fisik di desa sudah mulai dikurangi. Ke depan desa tidak boleh lagi membangun fisik yang berat, karena selama ini dia melihat banyak desa yang tidak mampu dan terlalu memaksakan.

“DD ini bukan untuk fisik saja, paling penting meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan modal yang ada bisa menjalankan usah menguntungkan semua keluarga di desa tersebut. Ke depan fisik kita minta porsinya mulai dikurangi,” lanjut Asmawi.

Asmawi minta warga desa dapat membuat terobosan dan kreatif membangun BUMDes untuk kesejahteraan bersama. Sampai kini di Kaur belum ada desa yang berhasil memajukan BUMDesnya, padahal sudah berapa tahun ini melaksanakan program DD.(cik)

Berita Lainnya

Masih Berkutat dengan WDP

KOTA BINTUHAN – Pemerintah Kabupaten Kaur kembali mempertahankan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan ...

error: Content is protected !!