Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Harga Beras Mulai Naik

Harga Beras Mulai Naik

BENTENG – Musim masa tanam awal tahun 2019 ini, harga kebutuhan pokok yakni beras sudah mulai mengalami kenaikan. Disperindagkop Benteng terus memantau hal ini dengan harapan tidak terlalu tinggi kenaikannya.

“Kenaikan harga tersebut ditingkat penjual di pasaran mingguan Benteng,” jelas Sekretaris Disperindagkop Benteng, Sri Yurdaniah S.Sos, MM.

Dijelaskannya, kenaikan ini dipantau bersama terutama untuk mencegah terjadinya penimbunan barang disaat pasar sedang membutuhkan. Apalagi, masa tanam baru bisa melaksanakan panen jika tidak ada halangan paling cepat 4 bulan kedepan.

Pantauan kenaikan harga beras juga dilakukan pihak kepolisian. Seperti di Pasar Kembang Seri Kecamatan Talang Empat, pedagang mengakui kenaikan harga beras itu karena tempat mereka membeli beras di Kota Bengkulu juga mengalami kenaikan. Penyebabnya, stok beras saat ini masih melimpah di tingkat pedagang,  sementara di tingkat petani sudah banyak yang terjual sebelum akhir tahun.

Namun, untuk ketersediaan barang tersebut memang masih cukup dengan pantauan langsung di lapangan. Kapolres Bengkulu Utara (BU), AKBP Ariefaldi Warganegara SH, S.Ik, MM melalui Kapolsek Talang Empat, Iptu Ahmad Khairuman SE mengatakan pihaknya membantu terutama mengawasi ketersediaan barang supaya tidak dipermainkan oleh pihak yang mencoba mengambil keuntungan ditengah harga sedang naik.

Termasuk asal beras semuanya didata untuk mengetahui jumlah atau prakiraan stok beras di Benteng sebelum masa panen tiba pada 4 bulan ke depan. “Saat ini, ditingkat petani baru mulai menanam,” demikian Kapolsek.(vla)

Berita Lainnya

Jalan Amblas, 2 Kecamatan Terisolir

BENTENG – Jalan menuju Merigi Kelindang dan Merigi sakti amblas akibat hujan yang mengguyur Rabu ...

error: Content is protected !!