Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Harus Paham Tugas dan Fungsi

Harus Paham Tugas dan Fungsi

ARIE/RB
PELANTIKAN: Kades Daspetah, Sahyar dilantik dan diambil sumpah jabatan, Selasa (15/1).

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM mengingatkan kembali seluruh kepala desa (kades) di Kabupaten Kepahiang. Kades harus benar-benar memahami tugas dan fungsinya dalam menjalankan pemerintahan dan menggerakkan pembangunan desa.

Hal ini disampaikan bupati di sela-sela pelantikan Kades Daspetah, Sahyar di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Ujan Mas, kemarin (15/1). Menurut Bupati, kades terpilih harus bisa memahami tugas serta fungsi kades, kewenangan kades dan pola kepemimpinan pemerintahan desa melalui UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Selain itu Hidayat juga menginstruksikan kades terpilih untuk terus berupaya meningkatkan kemampuan dalam berkompetisi.

“Jangan mudah merasa puas. Terus tingkatkan kemampuan pribadi. Baik kemampuan di bidang administrasi, keuangan hingga etika sebagai panutan masyarakat di tingkat desa,” pesan Hidayat.

Ia juga mengingatkan kades harus sejalan dengan Badan Pemasyarakatan Desa (BPD). Sebagai badan legislatif desa, Hidayat menegaskan dan memastikan bahwa BPD tidak bisa memberhentikan kades seperti yang selama ini pernah terjadi di Kabupaten Kepahiang.

“Tidak ada BPD yang bisa memecat kepala desa, begitu juga sebaliknya. BPD harus sejalan dengan kades dalam menjalankan pemerintahan desa. Keduanya sama-sama berperan penting dalam pemerintahan desa. Maka dari itu keduanya harus tetap menjalin koordinasi dan komunikasi,” ungkapnya.

Sahyar merupakan kades terakhir dari 37 desa yang menggelar Pilkades pada 17 Oktober 2018 lalu. Sebanyak 36 kades hasil pilkades serentak telah dilantik Bupati pada 28 Desember 2018 lalu. Sementara untuk Desa Daspetah, dikarenakan jabatan kades sebelumnya berakhir beberapa hari lalu, sehingga Pemkab Kepahiang harus menunda pelantikan Kades Daspetah terpilih setelah habis masa jabatan kades sebelumnya.

Pelantikan ini berdasarkan surat Keputusan Bupati (SK) Nomor 141-473 Tahun 2018. Dalam pelantikan itu turut hadir unsur FKPD Kepahiang, para asisten, Kepala OPD, Wakapolres, perwakilan dari Kejari Kepahiang, Ketua TP PKK Kabupaten Kepahiang, dan Forum Camat Kepahiang.(sly)

Berita Lainnya

Pemkab Harus Gencar Gali Potensi PAD

KEPAHIANG – DPRD Kabupaten Kepahiang mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, untuk gencar menggali potensi ...