Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Khawatir Harga Kopi Turun

Khawatir Harga Kopi Turun

KEPAHIANG – Para petani kopi di Kabupaten Kepahiang mulai mengkhawatirkan harga jual kopi yang menurun pasca musim panen nanti. Berdasarkan pengalaman para petani, harga jual kopi dari petani jauh menurun setelah masa panen.

Diungkapkan Samsul (42), petani kopi di Desa Rimbo Donok Kecamatan Tebat Karai, petani kerap dirugikan dengan harga kopi yang terkesan dimainkan oleh para toke kopi. Sebab sebelum panen biasanya harga jual kopi petani berada di harga lebih dari Rp 20.000 per kilogram. Namun harga tersebut turun di bawah Rp 20.000 per kilogram setelah masa panen.

“Biasanya sebelum kita panen, harganya di atas Rp 20.000. Tapi setelah kita panen, harga kopi justru turun. Hal ini jelas membuat kami merugi. Tahun lalu bahkan kami terpaksa menjual kopi hasil kebun kami seharga Rp 16.000 per kilogram, padahal beberapa pekan sebelumnya harga masih stabil Rp 20.000 per kilogram,” terang Samsul.

Pengakuan serupa juga disampaikan Suhendar (53) petani kopi di Desa Langgar Jaya, Kecamatan Bermani Ilir yang mengatakan, para toke kopi selalu beralasan harga jual kopi menurun saat kopi petani selesai dipanen. “Kami tidak bisa berbuat apa-apa. Apapun alasan toke, kami tetap terpaksa menjual kopi kami setelah panen. Berapapun harganya terpaksa kami jual, karena itulah pencaharian kami,” bebernya.

Untuk itu, sambung Suhendar, para petani kopi berharap pasca musim panen yang tinggal beberapa pekan ini, harga kopi bisa stabil di angka Rp 20.000, sehingga para petani kopi bisa sedikit bernafas lega untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Kalau kondisi seperti ini terus, kapan petani kopi di Kepahiang akan sejahtera. Sementara saat ini kopi Kepahiang menjadi salah satu unggulan provinsi ini. Kami berharap pemerintah bisa mengambil sikap atas permasalahan yang dialami para petani kopi ini,” harap Suhendar.(sly)

Berita Lainnya

Tumpukan Sampah Jalan Sentiong Mengkhawatirkan

KEPAHIANG – Persoalan sampah di Kepahiang sampai kini masih belum dapat solusi. Di beberapa titik, ...

error: Content is protected !!