Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Libatkan Himbara Survei E-Warung

Libatkan Himbara Survei E-Warung

KEPAHIANG – Kendati baru akan diterapkan pada Mei mendatang, namun Pemkab Kepahiang sejak jauh hari sudah mempersiapkan diri untuk menerapkan program warung elektronik atau e-warung. Untuk itu saat ini Pemkab sudah berkoordinasi dengan Himpunan Bank Negara (Himbara) sebagai lembaga yang nantinya dipercayakan untuk membentuk e-warung.

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos menerangkan program e-warung merupakan salah satu langkah pemerintah dalam menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi para peserta Program Keluarga Harapan (PKH). Melalui program ini diharapkan warga penerima BPNT bisa mendapatkan bahan pokok melalui transaksi non tunai di warung-warung yang sudah dibentuk.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan Himbara untuk mulai melakukan pendataan dan survei sebelum menentukan warung mana saja yang layak dijadikan e-warung. Untuk di Kabupaten Kepahiang, Himbara yang ada hanya BRI. Bank ini memiliki beberapa fitur program yang bisa menunjang program e-warung yang akan kita bentuk,” jelas Dalos.

Selain warung biasa yang akan dijadikan e-warung, Pemkab Kepahiang juga akan membentuk e-warung dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yakni KUBE Rumah Pangan Kita (RPK) dan KUBE PKH yang merupakan entry poin dari tercetusnya program e-warung ini.

“Untuk syarat warung biasa agar bisa menjadi e-warung, Himbara yang akan melakukan analisa, mulai dari kemampuan permodalan hingga bahan baku. Dalam hal ini bahan baku yang diberikan untuk BPNT adalah beras dan telur ayam ras,” terang Dalos.

Untuk pembayarannya nantinya, sambung Dalos, para penerima PKH akan membayar dengan menggunakan kartu combo yang sudah disiapkan oleh pemerintah dengan sistem gesek. “Adapun jumlah BPNT yang diterima oleh penerima PKH adalah Rp 110.000 per bulan per KPM (Keluarga Penerima Manfaat),” beber Dalos.(sly)

Berita Lainnya

IRT Asal Riau Dibekuk

KEPAHIANG – Pasca penangkapan atas tersangka pengedar dan penyalahguna narkoba jenis sabu seberat 30 gram, ...

error: Content is protected !!