Senin , 16 September 2019
Home / Metropolis / Seleksi Tenaga Kontrak RSHD, Direktur Jamin Bersih

Seleksi Tenaga Kontrak RSHD, Direktur Jamin Bersih

BENGKULU – Direktur Rumah Sakit Harapan dan Doa (RSHD) Kota Bengkulu, dr. Lista Cerlyviera menjamin seleksi tenaga kontrak akan berlangsung bersih. Sebab RSHD ingin mendapatkan tenaga kesehatan yang profesional. Memiliki kemampuan di bidangnya dan memiliki atitude yang baik dalam melayani pasien. Tidak ada istilah titipan dalam seleksi tersebut.

Komitmen ini dimulai dari proses seleksi administrasi yang telah berlangsung. Bagi yang tidak memenuhi persyaratan, seperti tenaga perawat tidak memiliki surat tanda register (STR) langsung dinyatakan tidak lulus. Dari 352 peserta yang memasukkan lamaran yang lulus administrasi hanya 239 peserta.

“Bagi yang tidak cukup syarat administrasi langsung digugurkan. Kita tidak melihat dia dari keluarga siapa dan lainnya. Kita lakukan perekrutan secara profesional,” terangnya.

Setelah seleksi administrasi ini, 18 Januari akan dilaksanakan tes kemampuan dasar (TKD) secara online. Nantinya ada sistem yang akan disambunkan ke laktop, notebook atau android milik peserta. Perekrutan dilakukan secara transparan seperti seleksi CPNS. Setelah peserta menyelesaikan soal yang diberikan, akan langsung tahu nominal nilai yang didapatkannya.

“Ada 50 soal TKB yang akan dikerjakan peserta dengan waktu 30 menit. Setelah 30 menit sistem akan mengclose dan seluruh peserta akan tahu berapa nilai yang diperolehnya. Kami bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Bengkulu,” katanya.

Dia menjelaskan, standar passing grade dalam TKD adalah 76 dari nilai sempurna 100. Kalau peserta mendapatkan nilai 76 maka bisa mengikuti tahapan seleksi lanjutan. Namun jika nilai dibawah itu, maka langsung gugur. “TKD itu lebih pada pengetahuan umum,” terangnya.

Setelah lulus TKD dilanjutkan dengan tes kemampuan bidang teknis. Dia menerangkan adapun formasi yang dilamar adalah Apoteker, asisten apoteker, perawat dan rekam medik. Satu formasi tidak ada pelamarnya yakni elektromedis. “Setelah tes teknis dilanjutkan dengan wawancara. Kalau pelamar itu mampu menunjukkan surat berpengalaman kerja di rumah sakit lainnya akan diberikan nilai tambahan. Termasuk juga jika memiliki sertifikat pelatihan untuk bidang tertentu, seperti pelatihan  Hemodealisa, atau pelatihan di ICU,” katanya.

Yang ingin diambil adalah 13 perawat, apoteker dua orang, asisten apoteker tiga orang  dan rekam medik tiga orang. Jika ada pelamarnya formasi elektromedis akan diambil satu orang. “Untuk perawat kita mengutamakan mencari perawat laki-laki. Kita tidak mengenyampingkan perempuan. Sebab saat ini di RSHD perawat perempuan sudah banyak,” terangnya.

Dalam seleksi nanti, tidak ada yang bisa membantu kecuali kemampuan diri sendiri. “Kalau honor kita ikuti standar Pemda Kota Rp 1,5 juta. Tapi ada uang jasa pelayanan tergantung tempat dia bekerja. Bagi siapa yang bekerja lebih banyak melayani akan lebih banyak dapat. Sehingga pendapatan totalnya di atas UMR,” terangnya.

Dia menjelaskan, tahun 2018 hasil evaluasi dilakukan pemberhentian 10 orang perawat karena pekerjaannya kurang memuaskan. Ada juga yang lulus tes CPNS. “Sehingga kita butuh rekrut tenaga baru lagi,” tutupnya.(del)

 

Berita Lainnya

Rusak Parah, Mulai “Makan” Korban, Jalan Bangka Butuh Perhatian

BENGKULU – Kerusakan jalan Bangka atau biasa disebut kawasan Sentiong Kelurahan Sukamerindu, mulai dikeluhkan oleh ...

error: Content is protected !!