Sabtu , 17 Agustus 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Sempat Berkata ‘Mati Aku’

Sempat Berkata ‘Mati Aku’

TOMBAK : Adegan dimana tersangka pertama kali menombak korban dari sisi kanan pintu atau kemudi mobil yang dikendarai korban.

CURUP – Kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang, kemarin direkonstruksi oleh penyidik Polsek Padang Ulak Tanding (PUT) Polres Rejang Lebong (RL). Rekonstruksi dilakukan di lingkungan Polres RL dengan memperagakan setidaknya 17 adegan yang diperagakan langsung oleh tersangka.

Untuk pemeran tersangka, dilakukan langsung oleh tersangka Ba (53) warga Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang. Sedangkan korban diperankan oleh peran pengganti. Sedangkan para saksi diperankan langsung saksi yang melihat kejadian tersebut. Rekonstruksi ini dipimpin langsung Kapolsek PUT Iptu Djarkoni dan jajarannya serta dibackup Satreskrim Polres RL.

Adegan diawali dengan kejadian cekcok antara pelaku dan korban saat sedang berada di kawasan Jalan KH. Hasyim Azhari Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur. Lantaran ingin menghindari lubang jalan, mobil tersangka akhirnya sempat menyenggol mobil korban yang berencana mendahulu mobil tersangka.

Akibat senggolan tersebut, beberapa meter kedepan, keduanya sama-sama menghentikan mobil di Jalan A. Yani Kelurahan Sukaraja. Saat itu korban turun dari mobil memnghampiri tersangka dan memukul tersangka yang berada di bangku kemudi. Tersangka tidak sempat membalas karena penumpangnya berteriak dan korban juga menjauh kearah mobilnya.

Pasca kejadian tersebut, sepertinya pelaku merasa dendam dengan pemukulan yang dilakukan oleh korban. Sehingga setelah menurunkan penumpang di beberapa wilayan menuju arah Desa Kampung Jeruk, korban pulang kerumah. Sesampai dirumah tersangka melihat mobil korban sudah ada di depan rumahnya yang berjarak hanya beberapa rumah dari rumah tersangka.

Tidak lama berselang, tersangka mendengar mobil korban melintas di depan rumahnya dan sambil berteriak kasar sembari menantang tersangka yang baru akan keluar rumah. Tersangkapun dengan menghunus tombak langsung mengejar mobil korban yang berjalan dan langsung menombak korban dari sisi pintuk kanan atau pintu kemudia.

Tusukan pertama mengenai dada korban dan mobil saat ini masih dalam keadaan berjalan. Beberapa warga yang coba melerai tidak dihiraukan tersangka dan kembali mengejar mobil korban hingga kembali menusukan tombak ke tubuh korban. Setelah itu, mobil korban berhenti dan menabrak pagar rumah warga.

Tersangka yang sudah gelap mata, melihat korban akan keluar dari pintu kiri mobil dan langsung menghujamkan tombaknya kembali hingga mengenai tubuh korban untuk ketiga kalinya. Saat itulah korban masih sempat berkata ‘Mati Aku’ dan tersangka langsung mencabut tombak, selanjutnya pulang kerumah.

‘’Paska pembunuhan, tersangka langsung pulang kerumah dan selanjutnya pergi menuju pos pengamanan Operasi Lilin untuk menyerahkan diri. Lalu korban sendiri langsung dievakuasi warga dan tetangga mereka,’’ terang Kapolres RL AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.IK melalui Kapolsek PUT Iptu Djarkoni kepada RB.

Ditambahkan Djarkoni, rekonstruksi ini dilakukan untuk memperjelas dan memperkuat keterangan yang ada di dalam BAP, baik tersangka maupun keterangan saksi lainnya. ‘’Dengan rekonstruksi ini kronologis kejadian juga bias terlihat dengan jelas. Secepatnya pemberkasan terhadap tersangka akan kita selesaikan sehingga bisa dilimpahkan ke Kejari Rejang Lebong,’’ imbuh Djarkoni.(dtk)

Berita Lainnya

Waspada Bencana Kebakaran!

CURUP – Dinas Pemadaman Kebakaran Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini terus meningkatan kewaspadaan pada ...

error: Content is protected !!