Minggu , 16 Juni 2019
Home / Metropolis / Februari Diberlakukan Tarif Rp 3 Ribu Perorang

Februari Diberlakukan Tarif Rp 3 Ribu Perorang

YUNIKE/RB
PARKIR: Bus Trans Raflesia diparkir di halaman belakang kantor Dishub Provinsi Bengkulu. Bus ini baru beroperasi lagi Februari mendatang.

BENGKULU – Usai sosialisasi selama 3 bulan dengan menggratiskan biaya penumpang, bus Trans Rafflesia saat ini dikandangkan sementara di halaman belakang Kantor Dishub Provinsi Bengkulu. Rencananya, Pemprov Bengkulu akan kembali mengoperasiikan bus tersebut pada Februari mendatang.

Namun nantinya penumpang bus Trans Rafflesia mulai dipungut biaya transportasi sebesar Rp 3.000 sekali naik. Rute bus juga tidak hanya melayani penumpang dalam kota, tapi juga di luar kota. Dikatakan Kabid LLAJ Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bengkulu, Drs. Ir. Hasoloan Sormin, M.Si, penarikan biaya penumpang itu sesuai dengan SK Gubernur Bengkulu.

Rencananya ada 3 koridor yang akan dilalui bus. Yakni koridor pertama dengan rute dari Betungan – SMA 11 – Simpang Padang Serai – Lapangan Golf – SMA 7 -Pasir Putih – Sport Centre – Tugu Pers – Pasar Bengkulu -Pasar Pedati (Bengkulu Tengah).

Selanjutnya, koridor kedua dengan rute dari Betungan – Bandara Fatmawati Soekarno – Kampus IV UMB – RS DKT – Simpang 4 Nakau – SMA 9 – Tugu Hiu – kantor walikota – Unib – Terminal Sungai Hitam. Sedangkan koridor ketiga ke arah Kabupaten Seluma. Namun untuk koridor yang ketiga ini, masih dalam pembenahan fasilitas. “Rencananya ada 3 koridor, tapi 2 dulu yang kita laksanakan. Untuk yang ke arah Seluma kita benahi fasilitas dulu,” terang Sormin.

Menurutnya, tarif Rp 3 ribu setiap kali naik bus Trans Raflesia ini sudah disubsidi oleh pemerintah. Bila tidak ada subsidi, maka perpenumpangnya bisa dikenakan tarif hingga Rp 11 ribu. Namun mengingat tujuan keberadaan bus Trans Raflesia ini menjawab aspirasi masyarakat, bukan mencari keuntungan maka pemerintah memberikan subsidi untuk operasional bus.

“Target kita awal Februari sudah beroperasi paling lambat pertengahan. Untuk bus yang sudah siap dioperasikan ada 5 unit, 5 lagi masih menunggu BBN (belum ada plat),” jelasnya,

Sormin menambahkan, animo masyarakat dengan keberadaan bus Trans Raflesia ini termasuk tinggi. Dilihat pada saat launching selama 3 bulan lalu, bus selalu dipenuhi penumpang. Bus ini juga memiliki muatan penumpang 40 orang, dengan rincian 20 penumpang duduk dan 20 penumpang berdiri.(key)

Berita Lainnya

Dukung Gaji Honorer Sesuai UMP

BENGKULU – Sejumlah pegawai tidak tetap (PTT) atau tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) ...

error: Content is protected !!