Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Metropolis / Kepsek Nonjob Kembali jadi Guru

Kepsek Nonjob Kembali jadi Guru

BENGKULU – Mantan kepala sekolah (kepsek) yang dinonjobkan dalam pelantikan kepsek beberapa waktu lalu bingung. Lantaran setelah tidak lagi menjadi kepsek, mereka juga belum memegang Surat Keputusan (SK) penempatan yang baru. Sehingga bingung mau bertugas di sekolah yang mana. Seperti yang disampaikan mantan Kepala SMAN 2 Bengkulu Selatan Tarman Hayadi.

Jika kondisi ini terus berlanjut dia khawatir akan berdampak pada tunjangan sertifikasinya. Sebab untuk mendapatkan tunjangan itu jam wajib mengajar harus terpenuhi. Jika tidak ada SK Penempatan untuk mereka, maka mereka bingung mau mengajar dimana. “Belum tahu ditempatkan di mana,” katanya.

Sementara itu Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti mengatakan, jabatan kepsek hanya lah tugas tambahan seorang guru. Jika tugas tambahan itu sudah diambil, atau tidak lagi menjadi kepala sekolah, maka yang bersangkutan kembali lagi sebagai guru yang mengajar di sekolah tersebut. Namun jika ada kebijakan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bisa saja mereka kemudian dipindahkan ke sekolah yang lain.

“Ya misalnya guru di SMAN 7 Bengkulu diberikan tugas tambahan menjadi kepala sekolah di SMA itu. Nah saat tugas tambahan itu diambil otomatis dia masih menjadi guru di SMA itu,” terang Nopian.

Nopian mengatakan, guru jangan memandang jabatan kepala sekolah itu seperti jabatan struktural. Sebab kepsek hanya tugas tambahan saja. Tidak sama seperti tugas struktural seperti kepala dinas atau kepala bidang. “Kalau saya pribadi tidak mau dikasih tugas tambahan. Sebab tugas pokok saja sudah berat,” katanya.

Terkait dengan SK kepsek memang gubernur meminta dievaluasi. Namun evaluasi itu bukan dalam artian para kepsek yang dilantik itu dirombak lagi, dibatalkan atau dicabut SKnya. “Tapi dipelajari kembali. Misalnya kepsek ini bagusnya ditempatkan di sini. Tapi itu nanti, setelah mereka sudah bekerja baru dievaluasi bagaimana kinerjanya menjalankan tugas,” katanya.

Jika sudah melaksanakan tugas seseorang bisa dievaluasi kemampuannya. Sehingga dia meminta kepsek yang sudah dilantik untuk segera melaksanakan serah terima jabatan dan langsung bekerja. Harus cepat, apalagi saat ini Maret siswa sudah melaksanakan ujian nasional. “Kasihan siswa kita yang mau ujian nasional,” terangnya.

Sementara itu anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Seption meminta supaya permasalahan polemik pelantikan kepsek ini diselesaikan. Saat ini Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu tengah berkoordinasi dengan KASN terkait dengan mutasi kepala sekolah itu.  “Harus lekas diselesaikan,” katanya.(del)

Berita Lainnya

Cuti Bersama, Layanan Kesehatan Tetap Buka

BENGKULU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu, memastikan pelayanan kesehatan di Kota Bengkulu tetap akan ...

error: Content is protected !!