Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Metropolis / Akhir Januari, 16.629 Warga Terima BPNT

Akhir Januari, 16.629 Warga Terima BPNT

BENGKULU – Sebanyak 16.629 warga Kota Bengkulu tahun ini kembali mendapat jatah program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Alokasi awal untuk 17.027 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), namun tidak seluruhnya tersalurkan karena ada 398 warga batal menerima.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu, Ir. Syahrul Tamzie menerangkan BPNT di Kota Bengkulu merupakan perdana di Provinsi Bengkulu dimulai April 2018 lalu. Tahun ini kembali Kota Bengkulu mendapat alokasi BPNT dengan jumlah penerima 16.629 KPM tersebar pada 9 kecamatan. Terbanyak penerima terdapat di Kecamatan Selebar ada 3.250 KPM (lihat grafis). Sesuai dengan jumlah yang tersalurkan pada tahun lalu

Sementara dari Kemensos sendiri awalnya ada kuota BPNT untuk di Kota Bengkulu sebanyak 17.027 KPM. Namun tidak semuanya yang tersalurkan karena pada saat validasi data, penerima tidak diketahui keberadaannya. Ada penerima sudah pindah domisili, meninggal dunia, juga ditemukan kartu ganda. Masing-masing penerima manfaat akan mendapat bantuan bahan pangan senilai Rp 110 ribu perbulan.

“Penerima PKH juga menerima BPNT. Mengambil BPNT bisa pakai kartu yang digunakan untuk PKH. Ganda karena dia pegang 2 kartu, PKH dan BPNT,” ujar Syahrul.

Untuk tahun ini, sambung Syahrul, kembali akan disalurkan BPNT kepada 16.629 KPM terverifikasi faktual. Sedangkan untuk mengganti sekitar 398 warga batal menerima BPNT, tergantung dari Kemensos. “Kita sudah semampu kita agar kuota tetap full, tapi yang menentukan semuanya pusat,” terang Syahrul.

Syahrul menambahkan penerima hanya bisa mengambil bantuan berbentuk barang, yaitu 2 jenis kebutuhan pokok seperti beras dan telur dengan total nilai Rp 110 ribu. Biasanya BPNT disalurkan setiap tanggal 25 pada 155 e-Warung atau agen BRIlink tersebar pada masing-masing kelurahan. Sehingga penerima BPNT cukup mendatangi e-Warung terdekat dekat tempat tinggalnya.(key)

Grafis Sebaran Penerima BPNT

Kecamatan                           Jumlah (KPM)

Sungai Serut                         1.297

Muara Bangkahulu            1.698

Teluk Segara                        1.443

Ratu Samban                       1.089

Ratu Agung                          2.239

Selebar                                   3.250

Kampung Melayu               2.840

Gading Cempaka                                755

Singaran Pati                        2.018

Berita Lainnya

Distribusi BPNT, Dinsos Gandeng Karang Taruna

BENGKULU – Dinas Sosial Provinsi akan bekerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk memasok kebutuhan komoditas ...

error: Content is protected !!