Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Mukomuko / KP2KP MM Naik Status

KP2KP MM Naik Status

KPP MIKRO: Grand Launching KPP Mikro Mukomuko oleh Kakanwil DJP Bengkulu dan Lampung bersama bupati dan FKPD Mukomuko, kemarin (17/1).

MUKOMUKO – Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Mukomuko, bertransformasi jadi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Mikro. Mulai kemarin (17/1) resmi naik status. Ini diresmikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung, Erna Sulistyowati.

Hadir dalam peresmian itu, Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH, Ketua TP PKK Mukomuo Ny. Hj. Ani Tri Ratnawati, Kajari Mukomuko Agus Irawan Yustisianto, SH, MH, Dandim 0428/Mukomuko Letkol. Inf. I Wayan Hadi, Danposal Mukomuko Letda Laut (T) Anton Kurniawan, Kakan Kemenag Mukomuko Drs. H. Ajamalus, MH dan sejumlah pimpinan bank, perusahaan dan wajib pajak.

Kepala KPP Pratama Arga Makmur Mawad Sri Basoeki, mengatakan KPP Mikro Mukomuko menjadi salah satu dari sembilan KPP Mikro yang dibentuk se-Indonesia tahun 2019.

Disetujuinya pembentukan itu, karena rentan kendali sumber daya manusia (SDM) dan rentan kendali waktu yang cukup jauh KP2KP Mukomuko dengan KPP Pratama Arga Makmur.

“Karena rentan kendali yang jauh itu, kami nilai perlu ditingkatkan layanan di KP2KP Mukomuko. Makanya, KP2KP Mukomuko sejak terhitung 1 Januari 2019, dipilih jadi salahsatu dari 9 seluruh Indonesia. Ini tugas berat kami. Tapi dengan dukungan bupati dan jajaran serta stake holder lainnya, kami yakin KPP Mikro Mukomuko bisa semakin meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” kata Mawad.

Diantara layanan yang mulai bisa dilayani di KPP Mikro Mukomuko, perubahan data, pengukuhan perusahaan kena pajak (PKP), penetapan dan pengaktifan wajib pajak non efektif, dan surat keterangan fiscal.

Lainnya, legalisasi dokumen pajak selain surat keterangan domisili, penggunaan norma hitungan, penyampaian pemberitahuan perpanjangan SPT tahunan, surat keterangan bebas hingga validasi setoran pajak serta cetak ulang NPWP pribadi atau badan.

Kakanwil DJP Bengkulu dan Lampung, Erna Sulistyowati, mengatakan sedikitnya ada 28 kewenangan yang bisa dilayani di KPP Mikro Mukomuko. Ini sebagai upaya memudahkan wajib pajak mendapatkan pelayanan maksimal.

“Kalau sebelumnya KP2KP hanya perpanjangan tangan dari KPP Pratama Arga Makmur. Sekarang tak perlu jauh-jauh lagi. Sudah bisa dilayani di KPP Mikro Mukomuko,” ujar Erna.

Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH, menyatakan salut dengan langkah yang dilakukan DJP. Dengan KKP Mukomuko naik status, memudahkan masyarakat dalam menunaikan kewajiban pajak.

Dikatakannya, bagusnya badan usaha dan masyarakat di Mukomuko membayar pajak, tidak terlepas dari bagusnya pelayanan dari KPP. “Masyarakat tidak jauh-jauh lagi bayar pajak, cukup di Mukomuko,” papar bupati.(hue)

Berita Lainnya

Empat PR Anggota Dewan Baru

MUKOMUKO – 24 Anggota DPRD Mukomuko periode 2019-2024, Selasa (20/8) dilantik dengan mengambil sumpah janji ...

error: Content is protected !!