Jumat , 19 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Operasi Pabrik Es, Tergantung Pemprov

Operasi Pabrik Es, Tergantung Pemprov

MUKOMUKO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko rencana mengoperasikan pabrik es di Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya. Tetapi sebelum pabrik es itu dioperasikan, DKP harus lebih dahulu meminta izin dari Pemprov Bengkulu.

Pasalnya, pabrik tersebut masih merupakan aset milik Pemprov, karena dibangun dari APBD Provinsi Bengkulu. “Pabrik es itu masih aset milik Pemda Provinsi. Jadi dalam waktu dekat saya ke provinsi untuk minta izin,’’ kata Sekretaris DKP, Budiyanto, S.Hut, M.I.Kom.

Menurut Budi jika pabrik itu tak segera dioperasikan, kesannya sangat mubazir. Sebab pembangunan pabrik yang sudah selesai beberapa tahun lalu, memakan anggaran cukup besar. Akan sangat bagus dimanfaatkan, sehingga nelayan bisa terbantu.

“Anggaran untuk membangun pabrik es itu sangat besar. Terlebih lagi semua masyarakat nelayan setiap harinya membutuhkan es untuk bahan pengawet ikan. Juga setiap harinya rata-rata kebutuhan es untuk nelayan mencapai 52 ton,” papar Budi.

Ia optimis kalau pabrik es di Desa Pasar Bantal dapat dioperasikan, kebutuhan es untuk nelayan di Mukomuko bisa tercukupi. Karena pabrik itu memiliki kapasitas 10 ton dalam 1 jam.

“Sangat cukup kalau untuk kebutuhan nelayan. rencana nanti untuk pengelolaan pabrik es akan ditangani oleh Koperasi Nelayan. Koperasinya kini sudah siap tinggal menunggu komando dari DKP saja,” demikian Budi.(hue)

Berita Lainnya

Renovasi Ruang Paripurna Habiskan Rp 1.8 Miliar

MUKOMUKO –Gagal terwujud tahun 2018, akhirnya kegiatan renovasi interior ruang rapat paripurna DPRD Mukomuko, kembali ...

error: Content is protected !!