Kamis , 21 Februari 2019
Home / Metropolis / Pedagang PTM Akhirnya Direlokasi

Pedagang PTM Akhirnya Direlokasi

HASRUL/RB
JUALAN: Para pedagang PTM yang tokonya kebakaran beberapa waktu lalu, terpaksa berjualan di areal parkir karena belum memiliki tempat.

BENGKULU – Ratusan pedagang Pasar Tradisional Modern (PTM) yang menjadi korban kebakaran pada 14 Desember 2018 lalu, kemarin (17/1) mulai direlokasi ke tempat penampungan sementara di lantai dasar PTM yang tidak ikut terbakar pada saat kejadian. Hal ini disampaikan Kepala Pengelola PTM, Zulkifli Ishak, SE kepada RB, kemarin.

Menurut Zulkifli, untuk penempatan kios sementara yang dipersiapkan pihaknya tersebut menggunakan sistem undi kepada para pedagang. Untuk selanjutnya, para pedagang akan berjualan sementara di lokasi relokasi tersebut sampai dengan proses pembangunan PTM tersebut selesai dikerjakan. “Kita usahakan agar semua yang berada di luar atau lokasi parkir di usahakan untuk masuk semua ke dalam,” ujar Zulkifli.

Untuk diketahui, pasca kejadian kebakaran para korban yang ingin menafkahi keluarganya tetap berjualan meskipun lapak mereka gelarkan di areal parkiran PTM. Hingga kemarin siang, terpantau para pedagang tetap berjualan disana. “Kalau beli tidak seramai yang dulu, namanya juga tempat sementara, jadilah dulu karena ini juga untuk keluarga. Kalau tidak jualan untuk sekolah anak-anak ini darimana,” ujar salah seorang penjahit, Dasril ditemui RB kemarin.

Senada juga disampaikan, Jamalus bahwa untuk lokasi di areal parkir ini sifatnya memang sementara dan pihak pengelola PTM akan menempatkan mereka di lokasi lantai dasar sebagai tempat relokasi sementara hingga selesai bangunan PTM diperbaiki. “Ini kan tempat parkir, dan ini memang atas inisiatif pedagang sendiri. Untuk tempat relokasi memang rencananya didalam,” tambahnya.

Sekadar mengingatkan, pada 14 Desember 2018 lalu terjadi kebakaran hebat yang melanda PTM, Pasar Minggu. Dalam musibah tersebut, ratusan kios beserta dengan isinya ludes dilalap api. Ada beberapa kios saja yang tidak ikut terbakar, termasuk pada lantai dasar yang saat itu dimanfaatkan untuk lapak pedagang sayur. (zie)

Berita Lainnya

Pinjaman Dana SMI Terancam Batal

BENGKULU – Usulan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu meminjam dana ke PT Sarana Multi Infasrtuktur (SMI) ...