Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Metropolis / Atasi Kesulitan Air Bersih, Bangun SPAM Rp 831 M

Atasi Kesulitan Air Bersih, Bangun SPAM Rp 831 M

BENGKULU – Keluhan warga Kota Bengkulu, Seluma dan Bengkulu Tengah terkait air bersih akan segera teratasi. Sebab saat ini tengah dibangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan Seluma (Kobema). Pemerintah menginvestasikan Rp 831 miliar untuk membangun sarana air bersih itu.

Saat ini Bendungan dan Imtek sudah dibangun di Kecamatan Pagar Jati Bengkulu Tengah, tepatnya di Desa Susup. Tinggal membangun sarana lainnya hingga air bersih yang diproduksi tersebut sampai ke rumah warga. Jika ini sudah beroperasi maka layanan air bersih pemerintah pada masyarakat akan optimal.

Kepala UPTD SPAM Regional Kobema, Yasar Arsa, ST, MT mengatakan di Kota Bengkulu saat ini warga keluhkan air bersih karena belum mampunya pemerintah menyalurkan air bersih ke warga Kota. Sebab bahan baku air nelas yang diandalkan masih belum mencukupi. “Pemerintah saat ini tengah membangun SPAM Kobema ini untuk sarana air bersih masyarakat,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk pembangunan tahap pertama ini, Kota Bengkulu akan mendapatkan air 200 liter perdetik dan bisa melayani 16.000 pelanggan, kemudian Bengkulu Tengah 115 liter per detik bisa melayani 9.200 pelanggan, Seluma 85 liter per detik yang bisa melayani 6.800 pelanggan. Total pelanggan yang bisa terlayani di tahap pertama ini mencapai 32.000 pelanggan. “Pembangunannya dibagi menjadi beberapa tahap,” terang Yasar.

Kemudian pembangunan tahap ke II, Kota Bengkulu mendapatkan kuantitas air 150 liter perdetik yang bisa melayani 12.000 pelanggan atau sambungan perumahan, kemudian Bengkulu Tengah mendapatkan 100 liter per detik dengan jumlah pelanggan yang terlayani 8.000 pelanggan, kemudian Seluma 50 liter perdetik mampu melayani 4.000 pelanggan.

Total jumlah pelanggan yang mampu terlayani di tahap ke dua itu 16.000 pelanggan kemudian pembangunan tahap ke III Kota Bengkulu 490 liter per detik dengan jumlah pelanggan yang bisa terlayani sebanyak 39.200 pelanggan kemudian Bengkulu Tengah 255 liter perdetik dengan jumlah pelanggan 20.400 liter perdetik dan Seluma 155 liter perdetik dengan jumlah pelanggan 12.400 yang bisa terlayani.

SPAM Regional Benteng Kobema melayani warga di Provinsi Bengkulu. Pembangunan SPAM Kobema ini akan dapat melayani kebutuhan air bersih untuk tiga kabupaten/kota tersebut. Dengan Rincian, Kabupaten Bengkulu Tengah ada 7 Kecamatan, yakni Bang Haji, Pagar Jati, Merigi Sakti, Pondok Kelapa, Pondok Kubang, Karang Tinggi, Talang Empat dan Taba Penanjung. Sedangkan Kota Bengkulu bisa terlayani 9 Kecamatan, yakni Kecamatan Selebar, Kampung Melayu, Gading Cempaka, Singaran Pati, Ratu Agung, Ratu Samban, Teluk Segara, Sungai Serut dan Muara Bangkahulu. Sedangkan di Kabupaten Seluma ada dua kecamatan yakni Kecamatan Sukaraja dan Air Periukan.

“Pembangunannya sendiri berasal dari dana Pemerintah Pusat melalui Dirjen Cipta Karya dan Dirjen Sumber Daya Air (SDA). Dibantu dengan dana dari pemerintah provinsi dan daerah. Total investasi untuk pembangunan SPAM Kobema ini mencapai Rp 831 miliar,” terangnya.

Rinciannya, untuk pembangunan unit air baku dan transmisi Rp 366 miliar. Kemudian Unit Produksi Rp 88 miliar, JDU dan Off-Take Rp 299 miliar dan unit distribusi dan SR Rp 148 miliar. Lingkup kegiatan pembangunanya, adalah intake dan bendungan, transimis air baku, kemudia IPA serta JDB dan SR.  “Pembangunan unit air baku seperti bangunan intake dan bendungan  berasal dari APBN SDA, kemudian Unit Produksi yang meliputi IPA Resevoar jaingan distribusi utama dan Off-take dibangun melalui dana APBN-CK dan APBD Provinsi seluas 10 persen. Terakhir Unit Distribusi pembangunannya ditanggung APBD Kabupaten Kota,” tutupnya.(del)

Berita Lainnya

Diambil Sumpah, 35 Anggota DPRD Kota Dilantik dengan Pengamanan Ketat

BENGKULU- Sebanyak 35 Anggota DPRD Kota Bengkulu diambil sumpahnya Rabu (21/8) pagi. Paripurna Pelantikan Anggota ...

error: Content is protected !!