Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bantuan Non Tunai Akan Ganti Rastra

Bantuan Non Tunai Akan Ganti Rastra

SAWAH BARU: Tampak sejumlah alat berat masih bekerja menyelesaikan cetak sawah baru di Lubuk Pinang, kemarin (18/1).

MUKOMUKO – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mukomuko Saroni, SH, mengatakan beras sejahtera (Rastra) bakal berganti bantuan non tunai. Maksudnya, Kementerian Sosial (Kemensos) tidak lagi menyalurkan Rastra.

Tapi diganti berupa uang yang dikirim ke rekening masing-masing penerima manfaat. Mereka yang menerima manfaat, akan dibuatkan semacam kartu ATM. Sehingga mudah mengambil uang yang mereka terima di rekening bank.

Meski sudah ada rencana itu, Saroni memastikan bahwa program tersebut belum akan diberlakukan di triwulan pertama tahun ini. Kemungkinannya baru direalisasikan pada Mei 2019. Jadi pada triwulan pertama tahun 2019, keluarga penerima manfaat masih akan menerima Rastra sesuai yang sudah dialokasikan pemerintah.

“Itu program kedepan. Belum akan direalisasikan untuk triwulan pertama. Jadi triwulan pertama masih dibagi beras,” ujar Saroni.

Pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) soal penggantian Rastra. Nantinya bakal dipanggil Kemensos untuk menyampaikan bantuan non tunai tersebut. “Kita tunggu lebih lanjut, seperti apa Juklak dari Kemensos,” papar Saroni.

Khusus untuk Rastra, di Kabupaten Mukomuko berdasarkan data sebelumnya, ada 8.384 keluarga penerima manfaat (KPM). Meski kuota yang sebenarnya KPM sebanyak 9.122 penerima.

Dijelaskannya, penggantian Rastra menjadi bantuan non tunai itu setelah banyaknya indikasi Rastra yang tidak dimanfaatkan oleh penerima. Ini disebabkan, di wilayah penerima itu jadi salah satu daerah penghasil beras.

“Jadi supaya bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan oleh warga kurang mampu, maka mulai Mei nanti akan diganti bantuan non tunai,” jelasnya.

Bantuan non tunai ini, nanti pemerintah akan menunjuk salah satu warung atau toko untuk melayani masyarakat yang mendapatkan bantuan. Untuk setiap 200–250 kepala keluarga (KK) akan ditunjuk satu warung atau toko.

‘’Jadi bagi masyarakat yang kebutuhannya minyak atau bahan pokok lainnya, tinggal datang ke warung atau toko yang sudah ditunjuk,” ujar Saroni.

Tetapi sampai sekarang, tambah Saroni, pihaknya belum dapat memastikan, berapa nilai uang pengganti Rastra yang akan diberikan. Informasinya hanya 2.622 keluarga yang bakal menerima program ini. ‘’Kalau nilai sampai sekarang belum ada informasi dari Kementerian,” jelas Saroni.(hue)

Berita Lainnya

Sebelum Ramadan, Pejabat Defenitif Ditetapkan

MUKOMUKO – Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH, bakal menetapkan dua pejabat eselon II defenitif. ...

error: Content is protected !!