Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Gaji Kades dan Perangkat Naik

Gaji Kades dan Perangkat Naik

ARGA MAKMUR – Setelah Pemkab Bengkulu Utara (BU) menaikkan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Rp 62 miliar menjadi Rp 92 miliar, gaji Kepala Desa (Kades) dan perangkat juga ikut naik. Bahkan kini desa-desa diperintahkan untuk segera mengurus APBDes persiapan pengajuan DD. Pembuatan APBDes sudah berpatokan dengan aturan honor atau Penghasilan Tetap (Siltap) yang baru.

Selain memasukan daftar Siltap yang lebih besar, perangkat desa juga wajib memasukkan dana untuk pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi perangkat desa. Khusus untuk BPJS Kesehatan bukan hanya perangkat namun juga diberikan pada keluarga perangkat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) BU, Ir. Budi Sampurno menuturkan, jika kenaikan  Siltap kepala desa secara otomatis diikuti oleh kenaikan perangkat desa lainnya. Pasalnya, Siltap perangkat dihitung dari persentase Siltap Kades.

“Jadi Kades naik, perangkat lainnya menyesuaikan kenaikan yang sama dengan persentase yang sama,” ujar Budi, kemarin (18/1).

Terkait BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan hal itu juga wajib dianggarkan dan dibayar dengan ADD. Sehingga perangkat desa bukan hanya bekerja untuk desa namun juga memiliki jaminan kesehatan dan asuransi jika terjadi hal yang tidak diinginkan dalam bekerja.

“Kita tidak hanya menuntut Kades dan perangkat untuk bekerja maksimal, namun juga memperhatikan kesehatan mereka dan keluarga,” katanya.

Selain itu, keanggotaan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan ini juga sebagai program Pemkab BU untuk mencapai angka 85 persen masyarakat memiliki jaminan kesehatan. Sehingga, KIS, BPJS PNS dan tenaga kerja perangkat desa juga wajib menganggarkan dana BPJS Kesehatan.

“Kita juga sudah sosialisasi dengan seluruh perangkat desa sehingga memang harus dianggarkan,” pungkas Budi. (qia)

Berita Lainnya

Didukung Warga, Tuntutan Kades Bisa Lebih Ringan

ARGA MAKMUR – Kasus pemalsuan tandatangan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2018 dengan ...

error: Content is protected !!