Rabu , 18 September 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Hanya 603 Penduduk Eks Padang Bano Urus e-KTP BU

Hanya 603 Penduduk Eks Padang Bano Urus e-KTP BU

ARGA MAKMUR – Penyampaian KPU Lebong adanya 1.737 penduduk eks Padang Bano yang pindah ke Bengkulu Utara (BU) berdasarkan data Dukcapil Lebong nyatanya tidak ditemukan di BU. Dari 1.737 tersebut, hanya 603 nama yang memang sudah mengurus e-KTP dan terbit surat pindah ke BU.

Hal ini diungkapkan Kadis Dukcapil BU, H. Juhirjo, SH. Ia menuturkan sudah mengecek satu per satu data Dukcapil Lebong dari KPU Lebong tersebut. Nyatanya benar hanya 603 yang sudah terdata pindah dan mengurus e-KTP, sedangkan sisanya 1.134 sampai kini tidak diketahui keberadaannya.

“Kita sudah tanyakan dengan Kades setempat. Nyatanya nama dalam identitas yang disampaikan tersebut tidak ada orangnya,” kata Juhirjo, kemarin (18/1).

Sementara 603 warga eks Padang Bano yang pindah tersebut hanya pindah secara administrasi pascapenetapan batas wilayah BU yang selama ini diakui Lebong. Sehingga 603 orang tersebut tidak berpindah pemukiman melainkan hanya kependudukan.

“Jadi bukan orangnya pindah, rumahnya tetap, domisilinya tetap. Namun sesuai Permendagri, kita ubah administrasi kependudukannya,” terangnya.

Selain itu, dari 1.134 nama yang belum terdata tersebut, ia menemukan beberapa data yang ada kemiripan mulai dari tempat tinggal desa, tempat dan tanggal lahir  hingga nama orangtuanya. Namun nama yang bersangkutan berbeda satu atau dua huruf.

“Memang kita duga ini ada kesamaan data, kita tidak bisa sebut ini data ganda karena memang ada perbedaan penulisan huruf. Data yang seperti itu yang tidak kita temukan keberadaan orangtuanya di desa-desa,” pungkas Juhirjo. (qia)

Berita Lainnya

Harus Bisa Raih Adipura

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara (BU), Ir. Mian memimpin rapat koordinasi bersama seluruh kepala ...

error: Content is protected !!