Minggu , 24 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemkab Perkuat Inspektorat

Pemkab Perkuat Inspektorat

ARGA MAKMUR – Sanksi Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) bagi PNS yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi bukan hanya diwaspadai oleh PNS yang menjalankan tugas. Pemkab Bengkulu Utara (BU) juga mengantisipasi agar tidak terjadi korupsi pada anggaran daerah.

Sekda BU, Dr. Haryadi, MM, M.Si menerangkan, salah satu caranya dengan memperkuat Inspektorat sebagai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP). Sehingga kejanggalan-kejanggalan dalam audit bisa segera terdeteksi dan wajib dilakukan penyelesaian sesuai aturan.

“Inspektorat kita perkuat, mulai dari tim auditor hingga pejabat-pejabat di dalamnya. Sehingga memang tidak ada cela bagi pelanggaran yang terjadi,” terangnya, kemarin (18/1).

Ia juga meminta Inspektorat jeli dalam melakukan audit dan mengetahui semua aturan dalam pelaksanaan anggaran. Jika memang ditemukan kerugian Negara, maka pejabat terkait wajib melakukan pengembangan sesuai batas waktu 60 hari.

“Karena memang audit awal itu dilakukan Inspektorat yang melakukan pemeriksaan di tiap OPD. Setelah Inspektorat baru dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” katanya.

Ia mengakui jika memang tugas audit Inspektorat sangat besar, mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dana Desa (DD) hingga audit khusus investigasi yang diajukan oleh Aparat Penegak Hukum (APH). Namun hal ini memang sebagai tugas sebagai APIP dalam mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Selain sistem pemerintahan dengan pola elektronik yang kita terapkan untuk mengantisipasi terjadi korupsi. Sistem pengawasan juga kita perkuat,” pungkas Haryadi. (qia)

Berita Lainnya

P3K Batal, Penyuluh Pertanian Datangi BKD

ARGA MAKMUR – Sekitar 20 penyuluh pertanian, kemarin (22/2) mendatangi kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan ...