Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Kaur / Rancangannya Pilkades Serentak Akhir 2019

Rancangannya Pilkades Serentak Akhir 2019

KOTA BINTUHAN – Dari 192 desa di Kaur, kini sudah 70 desa yang dijabat plt yang berstatus PNS. Baik sekdes atau PNS lain, bisa dari guru dan PNS kecamatan dan OPD -OPD lain. Hingga akhir 2019 diperkirakan jumlah desa yang akan dijabat plt mencapai 116 desa.

Kepala Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kaur, Asmawi, S. Ag,  MH mengaku pemkab belum bisa menggelar pilkades awal tahun 2019. Karena akan ada pemilu April 2019. Akibatnya banyak desa yang masa jabatan kadesnya habis pertengahan tahun 2018 hingga tahun 2019 terpaksa dijabat pjs.

Rencananya pilkades dilaksanakan serentak awal 2020. Sebelum berlangsungnya pelaksanaan pilkada yang informasinya akan dimajukan serentak tahun 2020. “Ada lagi masa jabatan kades yang akan habis akhir tahun ini. Jumlahnya cukup banyak,” terang Asmawi.

Asmawi menambahkan Pjs berdasarkan aturan boleh dijabat sekdes. Dengan catatan Pjs sekdes harus berstatus PNS. Sementara di Kaur sekdes yang berstatus PNS tidak banyak. Karena pemerintah tidak lagi mengangkat sekdes menjadi PNS. “Kendati berstatus PNS dan bukan tinggal di desa, kita minta Pjs memperhatikan kepentingan warga desa yang dipimpinnya. Masyarakat dapat melaporkan jika Pjsnya tidak mau memberi pelayanan pada masyarakatnya,” pungkas Asmawi.(cik) 

Berita Lainnya

Rumah Penerima PKH Diberi Tanda

KOTA BINTUHAN – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kaur akan memasang tanda khusus di rumah warga ...

error: Content is protected !!