Senin , 14 Oktober 2019
Home / Daerah / Seluma / Tertimpa Pohon, Jembatan Putus

Tertimpa Pohon, Jembatan Putus

PUTUS: Jembatan Gantung di Desa Sinar Pagi, putus dan butuh perbaikan segera karena tidak dapat digunakan lagi oleh masyarakat.

SELUMA UTARA – Jembatan gantung di Desa Sinar Pagi, Kecamatan Seluma Utara yang sudah uzur itu, akhirnya  putus Kamis malam (17/1) sekira pukul 21.00 WIB setelah ditimpa pohon. Putusnya jembatan berakibat terhambatnya aktivitas warga setempat ke kebun dan pusat kecamatan.

“Selain usianya memang sudah tua, putusnya jembatan tersebut karena ditimpa poho, saat hujan disertai angin kencang tadi malam (Kamis malam,red),’’ ujar Kepala Desa Sinar Pagi, Riki.

Dijelaskan Riki, jembatan tersebut selain digunakan masyarakat Desa Sinar Pagi untuk akses menuju kebun dan lahan pertanian juga merupakan akses menuju ibukota kecamatan dan Kabupaten Seluma. ‘’Jembatan gantung ini memang bukan jalan utama, tapi jalan alternatif. Karena untuk menuju ibukota kecamatan atau kabupaten melalui jembatan tersebut jaraknya lebih singkat,’’ jelas Riki.

Jembatan gantung sepanjang 58 meter tersebut dibangun pada tahun 1980-an. Lalu telah dilakukan perehaban pada tahun 2017 lalu dengan mengganti papan lantai jembatan yang dilakukan secara gotong royong bersama warga.‘’Karena tali seling jembatan tersebut putus, jadi butuh biaya cukup besar untuk memperbaiki,’’ katanya.

Oleh karena itu sebagai kades, Riki mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma bisa segera memperbaiki dan membangun jembatan tersebut. Karena keberadaan jembatan sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya Desa Sinar Pagi. ‘’Mengingat keberadaan jembatan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kami harap ada perhatian dari Pemkab Seluma, dengan memperbaiki jembatan rusak kami ini,’’ pungkasnya.

Terpisah, Kasi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Seluma, Fauzan Aroni, SE mengatakan untuk memperbaiki jembatan gantung tersebut kades segera mengirim surat ke Bupati Seluma dan ditembuskan ke BPBD. ‘’Jika surat itu telah kami terima, maka akan turun tim untuk melakukan pengecekan. Apakah putusnya jembatan itu darurat dan memerlukan penanganan segera atau termasuk bencana biasa yang tidak butuh penanganan segera,’’ ujar Fauzan.

Bila dari hasil pengecekan termasuk darurat dan memerlukan penanganan segera, maka BPBD Seluma siap membangun jembatan tersebut.(aba)

Berita Lainnya

Rafflesia Mekar Sempurna di Desa Simpang

SELUMA UTARA – Untuk kali kedua Bunga langka Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Kabupaten Seluma. ...

error: Content is protected !!