Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Usulan Perekaman E-KTP Meningkat

Usulan Perekaman E-KTP Meningkat

ARIE/RB
REKAM DATA: Petugas Dukcapil Kepahiang merekam data di Lapas Curup, untuk mengakomodir kebutuhan e-KTP jelang Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.

KEPAHIANG – Jelang perhelatan Pemilu 2019 mendatang, jumlah masyarakat yang mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kepahiang, meningkat drastis. Pasalnya salah satu persyaratam untuk masuk sebagai pemilih adalah harus memiliki e-KTP.

Kendati tahun 2018 lalu, Dinas Dukcapil Kepahiang sudah rekam data 105.735 warga, namun hanya 96.197 warga yang sudah selesai direkam. Sementara 9.538 warga masuk dalam daftar tunggu untuk tahun 2019 ini. Angka tersebut belum ditambah dengan jumlah warga yang sudah berusia 17 tahun sebelum April 2019 mendatang.

Kabid Pendataan Pelayanan Kependudukan Dinas Dukcapil Kepahiang, Oly Stepeu, SH menyatakan hingga kini masih terus mengejar penuntasan perekaman e-KTP seluruh masyarakat Kepahiang. Dia kerap jemput bola seperti turun ke RSUD Kepahiang atau Lapas Curup untuk rekam data warga.

“Kita masih menyisakan PR dari target tahun 2018 lalu, yakni sebanyak 9.538 warga yang perlu segera dilakukan perekaman. Ditambah lagi dengan bertambahnya warga yang berusia 17 tahun keatas setiap harinya,” jelas Oly.

Terkait lonjakan permintaan perekaman e-KTP jelang Pemilu mendatang, Oly mengaku pihaknya siap untuk melakukan perekaman seberapa banyak usulan yang masuk. “Hanya saja ia juga meminta kepada masyarakat untuk bisa bersabar dalam proses penerbitan e-KTP, lantaran sejauh ini Dukcapil Kabupaten Kepahiang hanya memiliki 1 unit alat perekaman, yang digunakan untuk mengakomodir seluruh usulan masyarakat,” demikian Oly.(sly)

Berita Lainnya

Paripurna KUA-PPAS Ditunda

KEPAHIANG – Ada yang menarik dari rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kabupaten Kepahiang, ...

error: Content is protected !!