Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 106 DPT di Lapas

106 DPT di Lapas

MUKOMUKO – Sebanyak 106 daftar pemilih tetap (DPT) di Mukomuko penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Arga Makmur. Hal ini dikatakan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mukomuko, Rahmad Bodi Sentosa, kemarin.

Mereka kini tengah menjalani hukuman kurungan di Lapas Arga Makmur. Pasalnya tersandung perkara pidana. ‘’106 warga Mukomuko itu telah terdaftar dalam DPT kita, dan punya hak suara,” kata Rahmad.

Tapi lanjut Rahmad, KPU Mukomuko belum dapat kepastian seperti apa mekanisme penggunaan hak suara bagi warga binaan. “Kita masih tunggu turunnya PKPU yang mengatur masalah ini,” jelas Rahmad.

Lebih lanjut dijelaskan, kalau merujuk dalam peraturan lama, DPT Mukomuko yang kini lagi menjadi warga binaan hanya dapat menggunakan hak suaranya kepada Caleg DPR-RI dan Presiden. Warga binaan tidak bisa memilih Caleg DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

‘’Levelnya tingkat nasional. Kalau dulu hanya DPR RI. Sekarang mungkin dengan presiden. Berkaca aturan lama, ada form A5. Khusus untuk mereka bisa milih untuk DPR RI,” papar Rahmad.

Terkait Pemilu tahun ini, KPU Mukomuko masih menunggu regulasi yang akan diberlakukan. Pastinya, hak mereka sudah tercatat sebagai DPT untuk Kabupaten Mukomuko. Meski mereka sekarang sedang menjalani proses hukuman dalam Lapas.

‘’Dipastikan mereka mendapatkan hak suaranya. Tinggal mekanismenya lagi, kita tunggu aturannya dulu,” tutup Rahmad.(hue)

Berita Lainnya

Ribuan Massa Hadiri Deklarasi Anti Hoak

MUKOMUKO – KPU Mukomuko menelenggarakan konsolidasi Pemilu 2019 dan deklarasi Pemilu 2019 anti hoak, kemarin ...

error: Content is protected !!