Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 2019, Tak Ada Lagi Ternak Berkeliaran

2019, Tak Ada Lagi Ternak Berkeliaran

RIO/RB
BEBAS: Masih banyak hewan ternak berkeliaran meskipun Satpol PP gencar sosialisasi tentang Perda hewan ternak.

KOTA MANNA – Demi mewujudkan wilayah Bengkulu Selatan (BS) bebas hewan ternak berkeliaran sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 09 Tahun 2013 Penertiban Pemeliharaan Hewan Ternak, Satpol PP BS akan sebar anggotanya di setiap kecamatan dan desa terpencil.

Kepala Satuan Pol PP BS, Ir. Susmanto, MM, mengatakan sesuai dengan perintah Bupati BS tahun 2019 seluruh wilayah BS bebas hewan ternak yang berkeliaran. Meskipun di desa terpencil sekalipun. Ini dilakukan demi terciptanya kenyamanan dan meminimalisir kecelakaan di jalan raya karena hewan berkeliaran.

Jadi Satpol PP harus gencar sosialisasi, termasuk memasang sepanduk tentang larangan hewan ternak dibebasliarkan di setiap kecamatan. “Mulai tahun ini hewan ternak milik warga BS harus dikandangkan. Tidak ada alasan lagi, karena kami sudah gencar melakukan sosialisasi,” terang Susmanto.

Lebih lanjut dikatakannya, sosialisasi dari Pol PP sampai bulan Maret. Awal April akan mulai turun ke seluruh desa bersama Kasi Trantib setiap kecamatan. Jika bulan April masih ada  hewan ternak milik masyarakat tidak dikandangkan, sanksi siap menunggu. Adapun sanksinya  adalah tindak  pidana  ringan (Tipiring). Yakni denda hingga Rp 2.500.000 dan kurungan sampai tiga bulan penjara. “Jadi kita akan tangkap hewan ternak yang tidak dikandangkan dan di bawah ke Kantor Pol PP yang sudah disiapkan lahan khusus,” ujar Susmanto.

Imbauan pada masyarakat agar ikut mendukung pemerintah mewujudkan BS bebas hewan ternak berkeliaran. “Pada warga adik sanak di BS kiranya paham aturan yang ditegakkan, dan dukung program pemerintah,” demikian Susmanto.(tek)

 

Berita Lainnya

Gusnan: Penuhi Kebutuhan PAUD

KOTA MANNA – Dukungan pemerintah desa (Pemdes) sangat dibutuhkan dalam kualitas Pendidikan Anak Usia Dini ...

error: Content is protected !!