Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Lebong / Kasus KPA Meningkat Lagi

Kasus KPA Meningkat Lagi

ARIS/RB
BARU : Mobil dinas baru yang diberikan ke DP3AP2KB ini ditujukan untuk memaksimalkan pelayanan perempuan dan anak di Kabupaten Lebong.

PELABAI – Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak (KPA) di Kabupaten Lebong terus meningkat. Tahun 2018 mencapai 13 kasus. Artinya naik 4 kasus dibanding tahun 2017 yang hanya 7 kasus. Jumlah itupun lebih tinggi dibanding tahun 2016 yang jumlahnya hanya 7 kasus. ‘’Jumlah itu sesuai data penanganan kasus KPA yang kami tangani,’’ ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Lebong, Drs. Firdaus, M.Pd.
Diakuinya, jumlah kasus KPA di Lebong sempat pasang surut. Tahun 2014, kekerasan terhadap perempuan dan anak mencapai sebanyak 11 kasus. Peningkatan drastis terjadi tahun 2015 yang jumlahnya mencapai 42 kasus. Tahun 2016 pun turun drastis menjadi 7 kasus. ‘’Namun angka itu bisa jadi berbeda dengan fakta sebenarnya karena beberapa kasus KPA tidak dilaporkan ke kami,’’ ungkap Firdaus.
Meningkatnya kasus KPA, diakui Firdaus sebagai bukti masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Lebong. Terbitnya Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), belum sepenuhnya dipahami masyarakat. ‘’Ini menjadi tugas kami yang insya Allah ke depan kami akan terus memaksimalkan penyuluhan ke masyarakat,’’ terang Firdaus.
Sebagai upaya pencegahan KPA melalui penyuluhan, DP3AP2KB telah memiliki mobil dinas khusus perlindungan perempuan dan anak. Kendaraan itu digunanakan untuk menurunkan tim penyuluh turun ke desa dan kelurahan. Termasuk ketika terjadi kasus, mobil dinas itu juga yang akan dipakai tim dalam penanganan kasus. ‘’Misalnya untuk kebutuhan operasional pendampingan terhadap korban,’’ tutup Firdaus. (sca)

Berita Lainnya

Lebong Tuan Rumah Balap Sepeda Asia

PELABAI – Parade balap sepeda internasional yang dikemas dalam event Tour De Bencoolen 2019 dalam ...

error: Content is protected !!