Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pemeliharaan Irigasi

Pemeliharaan Irigasi

MUKOMUKO – Tahun 2019 Pemkab Mukomuko mengalokasikan dana Rp 250 juta untuk pemeliharaan jaringan irigasi. Dan yang mendapatkan pekerjaan ini adalah irigasi yang berada di wilayah empat kecamatan.

Yakni jaringan irigasi dalam wilayah Kecamatan V Koto, Lubuk Pinang, XIV Koto dan Kecamatan Selagan Raya. Ini dibenarkan Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, Sunaji, ST, MT. “Dianggarkannya pemeliharaan jaringan irigasi agar air mengalir lancar ke areal persawahan,” kata Sunaji.

Anggaran pemeliharaan itu diperuntukan untuk sejumlah kegiatan. Diantaranya untuk penebasan pohon dan rawa yang tumbuh di sekitar jaringan irigasi. Pembersihan sampah, termasuk tanah di jaringan irigasi.

“Sampah dan tanah di jaringan irigasi tersebut membuat air irigasi tidak lancar mengalir ke areal persawahan petani,” papar Sunaji.

Anggaran yang tersedia itu untuk pemeliharaan jaringan irigasi. Pekerjaannya dikerjakan secara swakelola. Dan OPD tersebut  bertanggung jawab melakukan pemeliharaan terhadap jaringan irigasi sekunder dan primer yang ada di daerah tersebut.

“Pemeliharaan akan dilaksanakan secara swakelola. Jadi tak menggunakan sistem lelang. Upaya pemeliharaan ini, tidak lain agar air yang dialirkan ke areal persawahan berjalan dengan baik dan lancar,” jelas Sunaji.(hue)

Berita Lainnya

Bupati: Hindarilah Ajakan People Power

MUKOMUKO –Menyikapi gencarnya isu gerakan people power, disikapi serius Bupati Mukomuko H Choirul Huda, SH. ...

error: Content is protected !!