Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Daerah / Seluma / Polres Koordinasi Saksi Ahli Kemen ESDM

Polres Koordinasi Saksi Ahli Kemen ESDM

SELUMA – Pengusutan dugaan pungutan liar (pungli) pembagian peralatan listrik tenaga surya di Desa Suban, Kecamatan Semidang Alas terus berlanjut. Tim Polres Seluma berkoordinasi dengan saksi ahli dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan saksi ahli dari Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, selaku leading sektor penyaluran bantuan ini.

“Tim kita sudah berangkat ke Jakarta, menghadap ke Kemen ESDM untuk mengungkap dugaan pungli ini. Karena dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap saksi termasuk Kades Suban, Neri tetap membantah tidak terlibat dalam pembagian peralatan tersebut. Karena langsung ditangani Kemen ESDM dan Dinas ESDM Provinsi Bengkulu,” jelas Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik kemarin (20/1).

Rizka menjelaskan dari keterangan saksi ahli Kemen ESDM dan Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, bila perbuatan yang dilakukan Kades Suban memungut sejumlah uang dalam pembagian peralatan listrik tenaga surya menyalahi, maka pengusutan perkara ini akan dilanjutkan ke tahap berikutnya. “Jika pungutan tersebut diperbolehkan, perkara ini akan ditutup. Jika tidak, akan lanjut dari proses penyelidikan ke penyidikan,” lanjut Rizka.

Keterangan saksi ahli ini akan jadi dasar dalam penyelidikan perkara dugaan suap ini. Selain diduga melakukan pungutan dalam pembagian peralatan tersebut, sebanyak 47 unit peralatan listrik tenaga surya diberikan ke masyarakat di luar Desa Suban. “Ada dua item keterangan yang akan kita tanyakan pada saksi ahli Kemen ESDM, pertama soal pungutan dan yang kedua soal boleh tidaknya peralatan tersebut dibagikan ke masyarakat di luar Desa Suban,” sambung Rizka.(aba)

Berita Lainnya

Pelayanan DPMPTSP Terancam Lumpuh

SELUMA – Kebijakan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mencoret semua anggaran yang diajukan oleh Dinas ...

error: Content is protected !!