Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Sapi Pengembalian Bakal Digulirkan

Sapi Pengembalian Bakal Digulirkan

MUKOMUKO –Plt Kepala Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko Heri Prastyono, S.STP, mengatakan mulai tahun ini akan bergulir sapi pengembalian dari kelompok yang menerima beberapa tahun silam. Sedikitnya, ada sekitar 200 ekor sapi pengembalian dari kelompok penerima.

‘’Paling tidak ada 200 ekor sapi bakal kita tarik dari sejumlah kelompok yang pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah,” kata Heri.

Lebih lanjut dijelaskan masih banyak kelompok penerima bantuan sapi dari pemerintah kabupaten maupun provinsi belum jalankan kewajibannya. Untuk setiap 1 ekor sapi bantuan dari kabupaten, kelompok harus mengembalikan 2 ekori. Sedangkan setiap 1 ekor sapi bantuan pemerintah provinsi, kelompok wajib mengembalikan 1 ekor sapi.

Namun sampai kini masih banyak kelompok belum jalankan kewajiban tersebut. ‘’Ini tidak serta merta kesalahan kelompok. Tapi juga dari OPD kita yang belum optimal,” ujar Heri.

Pihaknya bakal gelar monitoring ke lapangan. Termasuk harus bisa menarik sapi pengembalian itu dari kelompok sebanyak 200 ekor. Karena, masih banyak kelompok yang pernah mendapat bantuan belum mengembalikan.

‘’Yang jelas tahun ini kita turun ke lapangan dan akan menarik sapi pengembalian. Dan itu harus dikembalikan masing-masing kelompok,” tegas Heri.

Penarikan sapi pengembalian ini, kata Heri, dilakukan tahun 2018 lalu. Pihaknya bersama tim berhasil menarik sapi pengembalian kelompok sebanyak 150 ekor sapi dari belasan kelompok penerima.

Sapi yang berhasil ditarik telah digulirkan lagi ke-15 kelompok tani yang belum pernah terima bantuan ternak sapi dari pemerintah. Masing-masing kelompok mendapat 10 ekor sapi.(hue)

Berita Lainnya

Awasi Proses Pembangunan

MUKOMUKO – Semakin gencarnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten, ...