Kamis , 21 Februari 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Area Danau Nibung Bakal Ditertibkan

Area Danau Nibung Bakal Ditertibkan

DITERTIBKAN: Para pedagang yang jualan di areal wisata Danau Nibung akan ditertibkan.

MUKOMUKO – Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, Yulia Reni, S.Si, mengatakan tahun ini ada kegiatan Festival Danau Nibung yang didukung Pemprov Bengkulu. Kegiatan itu bagian dari mewujudkan Visit Wonderful Bengkulu 2020.

Untuk mendukung dan terwujudnya suasana yang nyaman, dan terjaga keindahan area tempat wisata Danau Nibung, Disparpora Mukomuko akan melakukan penertiban pedagang yang berjualan di lokasi wisata tersebut.

Penertiban dilakukan agar seluruh lapak pedagang dapat tertata. Jadi keberadaanya tidak menggangu  pengunjung obyek wisata tersebut. ‘’Sekarang bisa dilihat, masih terkesan semrawut,” papar Reni.

Untuk gelar penertiban pedagang di Danau Nibung, tidak bisa hanya dilakukan Disparpora. Tapi semua pihak ikut terlibat. Seperti Dinas Satpol PP dan Damkar, Polres, Kodim, Disperindagkop dan UKM serta OPD lainnya.

“Kini sedang dikoordinasikan dengan para pihak terkait rencana penertiban. Kami ingin segera dapat dilakukan sebelum akhir bulan Januari ini atau sebelum pesta HUT Kabupaten Mukomuko,” jelas Reni.

Diakui, hingga kini belum ada kontribusi serupiah pun dari pedagang untuk daerah. Itu karena kendala payung hukum terkait retribusi pedagang di tempat wisata.

‘’Memang belum ada pemasukan, karena terkendala dengan Perda yang belum dibuat. Kalau nantin sudah ada payung hukum yang jelas, baru bisa kita terapkan peungutan,’’ demikian Reni.(hue)

Berita Lainnya

Awasi Proses Pembangunan

MUKOMUKO – Semakin gencarnya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari pemerintah tingkat pusat, provinsi, kabupaten, ...