Sabtu , 25 Mei 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Dispertan Cari Pelaku Usaha Pemasaran Susu Sapi

Dispertan Cari Pelaku Usaha Pemasaran Susu Sapi

CURUP – Dinas Pertanian dan Perikan Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini sudah berhasil membina kelompok susu sapi perah dalam memproduksi susu sapi segar. Bahkan dalam sehari, dua kelompok yang saat ini dibina, bisa menghasilkan setidaknya 200 liter susu sapi segar untuk dijual kepada masyarakat.

Hanya saja, saat ini mereka menemui sedikit kendala untuk pemasaran langsung kepada masyarakat. Karena koperasi yang dibentuk untuk penjualan susu sapi segar, baru bisa menampung 80 liter setiap harinya. ‘’Jadi dari produksi susu sapi segar sebanyak 200 liter, baru 80 liter yang ditampung koperasi,’’ terang Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten RL Taman, SP, M.Si melalui Plt. Kabid Peternakan drh. Firi Asdianto kepada RB.

Sisa produksi yang tidak tertampung koperasi, lanjut Firi, sejauh ini masih dijual atau dipasarkan sendiri secara langsung kepada masyarakat dari para peternak. ‘’Kita juga akan terus membantu memaksimalkan penjualan susu segar yang dihasilkan dua kelompok peternak sapi perah yang ada di Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya dan Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang. Makanya kita masih mencari pelaku usaha yang mau bekerjasama melakukan pemasaran produksi susu sapi perah ini,’’ sambung Firi.

Nantinya, tambah Firi, pelaku usaha atau masyarakat yang mau membantu pemasaran hasil susu sapi segar tersebut, akan dibantu oleh mereka. Baik itu pinjam pakai alat penyimpan susu. Hingga nanti wadah susu atau cup penjualan susu sapi segar. Termasuk alat pengemasan susu yang akan dijual. ‘’Upaya lain kita yaitu terus menggalakan kampanye gerakan minum susu segar. Terutama untuk para pelajar disekolah-sekolah. Apalagi dalam pengemasannya, susu sapi segar ini dikemas dalam berbagai citarasa,’’ imbuh Firi.(dtk)

Berita Lainnya

Tahan Tujuh Tsk Korupsi Lab Bahasa

CURUP – Masih ingat dengan kasus dugaan korupsi alat Lab Bahasa pada Dinas Pendidikan Nasional ...

error: Content is protected !!