Minggu , 24 Februari 2019
Home / Daerah / Kepahiang / DL Harus Dikurangi

DL Harus Dikurangi

KEPAHIANG – Kondisi keterbatasan anggaran daerah yang dialami Kabupaten Kepahiang saat ini, membuat Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM mengimbau kepada seluruh pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), agar bisa melakukan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran kerja. Bahkan Bupati menyarankan kepada seluruh pejabat agar mengurangi biaya perjalanan dinas.

“Ini berlaku untuk semuanya termasuk saya sendiri. Salah satunya adalah dalam manajemen anggaran untuk perjalanan dinas, yang mana untuk kegiatan Dinas Luar (DL) yang memang penting saja yang dibiayai. Jikalau memang belum terlalu urgen, DL harusnya dikurangi untuk efisiensi dan efektitivitas,” jelas Bupati, kemarin (21/1).

Diungkapkan Bupati, APBD Tahun 2019 Kabupaten Kepahiang saat ini memang sudah dievaluasi gubernur. Secara umum ia mengatakan tidak ada catatan khusus dari gubernur terkait anggaran daerah. Hanya saja gubernur meminta untuk anggaran perjalanan dinas dirasionalisasi dan diutamakan perjalanan dinas yang memang penting dan mendesak untuk dilakukan.

“Ke depannya kita akan kumpulkan semua pejabat OPD guna membahas hal ini. Memang demi kemajuan daerah, kita harus efektif dalam mengelola keuangan daerah,” terangnya.

Menurut Bupati, APBD merupakan cerminan dari visi dan misi pemerintahan, yang harus bersinergi dengan kebijakan pemerintah baik pusat dan provinsi. Untuk tahun ini visi dan misi dalam APBD 2019 Kabupaten Kepahiang adalah meningkatkan infrastruktur daerah, sektor pertanian, peternakan dan pariwisata.

“Penyusunan APBD ini sebelumnya mengacu atas dasar asas dan manfaat. Hanya program dan kegiatan yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan anggarannya,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, di luar belanja pegawai anggaran yang dialokasikan didedikasikan untuk kepentingan masyarakat yang dilaksanakan secara efektif dan efisien. Memperhatikan kewenangan Pemerintah Kabupaten sesuai ketentuan dalam mengalokasikan anggaran pada tahun 2019. “Pembangunan semata-mata untuk kepentingan masyarakat, tidak mampu dianggarkan APBD salah satunya kita usulkan melalui pinjaman daerah,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

Polisi Bersihkan Sampah dan Selokan

KEPAHIANG – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Polres Kepahiang melakukan kegiatan bersih-bersih di sepanjang ...