Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kejar Swasembada, Kembalikan Lahan Sawah

Kejar Swasembada, Kembalikan Lahan Sawah

LAHAN: Lahan kebun sawit mulai dikembalikan jadi sawah untuk mendongkrak produksi pertanian Benteng.

BENTENG – Mengejar target swasembada pangan, kebun sawit yang makin marak di Kecamatan Pondok Kelapa perlahan mulai dikembalikan menjadi lahan sawah. Kabid Tanaman Pangan dan Hortilkutura, Hendra Putra Kelana S.Sos menjelaskan utnuk mendukung kembalinya lahan pertanian di Benteng mencapai 7.600 hektare, sudah diserahkan bantuan 50 unit handtranctor untuk kelompok tani di 11 kecamatan.

“Target kami mengejar swasembada pangan. Tahun ini juga akan ditambah perbaikan sarana irigasi. Tahun lalu ada 5 titik irigasi yang diperbaiki atau ditingkatkan, tahun ini jumlahnya paling tidak sama dengan tahun lalu jadi skala prioritas untuk mendukung pembangunan bidang pertanian, khususnya pangan,” kata Hendra.

Kades Srikuncoro, Kecamatan Pondok Kelapa, Romadon mengatakan sebelumnya lahan sawah di desanya banyak yang beralih fungsi. Karena, minimnya sarana irigasi menyebabkan petani tidak bisa maksimal menggarap sawah. Bahkan hanya bisa tanam sekali dalam setahun.

Dengan perbaikan irigasi, petani bisa memaksimalkan kembali menggarap sawahnya. Di Benteng, lahan sawah terluas berada di Pondok Kelapa mencapai 40 persen dari total keseluruhan lahan sawah. “Kini petani sudah siap menggarap sawah untuk musim tanam awal tahun,” demikian Romadon.(vla)

Berita Lainnya

Lembur, Pemkab Periksa Kesehatan PPK

BENTENG – Belum selesainya pelaksanaan penghitungan suara tingkat PPK, menarik perhatian Pemkab Benteng. Plt.Sekda Benteng, ...

error: Content is protected !!