Sabtu , 23 Februari 2019
Home / Metropolis / Pembuatan Akta Kelahiran Bisa Pakai WA

Pembuatan Akta Kelahiran Bisa Pakai WA

YUNIKE/RB
PELAYANAN: Aktivitas pelayanan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, kemarin (21/1).

BENGKULU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu melansir Kota Bengkulu terbanyak anak usia 0-18 tahun belum memiliki akta kelahiran. Yakni mencapai 14.107 anak. Untuk mengurangi angka 14.107 anak belum memiliki akta kelahiran, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu mengaktifkan program pembuatan akta kelahiran melalui aplikasi WhatsApp (WA).

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dukcapil Kota Bengkulu, Drs. Widodo mengatakan, pembuatan akta kelahiran melalui aplikasi WA ini dalam rangka mempermudah warga kota untuk membuat dokumen kependudukan berupa akta kelahiran. Dengan program ini juga diharapkan dapat mengurangi angka anak-anak di Kota Bengkulu belum memiliki akta kelahiran. Bagi warga yang ingin membuat akta kelahiran maupun memperbaruinya, cukup mengirimkan foto-foto persyaratan pembuatan akta kelahiran  ke nomor WA petugas Dukcapil.

“Kirim saja foto KTP, Kartu Keluarga (KK), buku nikah, keterangan bidan, serta formulir format F202 yang bisa diambil di kelurahan. Bisa juga kirim ke nomor WA saya 081367508256,” ujar Widodo, kemarin (21/1).

Menurutnya, penggunaan WA ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 namun tahun ini akan lebih ditingkatkan dalam rangka penyederhanaan pelayanan. Sehingga warga tidak memiliki alasan lagi tidak punya waktu untuk membuat akta kelahiran. Mengingat pengiriman persyaratan pembuatan akta kelahiran bisa dikirim dari rumah atau lokasi manapun. Setelah diverifikasi oleh petugas, dan memenuhi syarat lalu dilanjutkan dengan pencetakan.

“Kalau sudah jadi nanti petugas akan menghubungi yang bersangkutan untuk mengambil akta kelahiran. Nanti dibarter dengan persyaratan yang berbentuk fisik atau yang asli untuk KK,” bebernya.

Selain lebih mengaktifkan penggunaan WA, sambungnya, untuk mengurangi jumlah anak tak memiliki akta kelahiran, Dukcapil juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah. Meminta agar pihak sekolah pada saat pendaftaran ulang agar orangtua menyerahkan akta kelahiran dilegalisir. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya akta kelahiran ganda. Sementara bagi yang belum memiliki akta kelahiran bisa langsung mengurus ke Dukcapil. Selain dengan sekolah, Dukcapil juga bekerja sama dengan kepolisian, BPJS dan pihak imigrasi.

“Jumlah anak data evaluasi terakhir di kota ada 121.749, yang sudah memiliki 107.642.  Yang belum punya masih kita inventarisir lagi, benar-benar belum punya atau sudah punya tapi masih manual,” terangnya.

Widodo menambahkan, untuk penerapan pembuatan akta kelahiran dengan sistem online ini masih dalam persiapan. Pihak Dukcapil Kota masih menunggu hak akses dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan sedang persiapan spesimen tanda tangan kepala dinas. Selama menunggu sistem siap, maka pembuatan akta kelahiran melalui aplikasi WA sebagai inovasi pelayanan Dukcapil Kota Bengkulu akan terus berjalan. (key)

Berita Lainnya

Minim Tempat Penampungan Sampah

BENGKULU – Penumpukan sampah liar di Kota Bengkulu sangat sulit diatasi. Beberapa median jalan, terlihat ...