Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Kaur / Seleksi Peserta BJB 2019 Dimulai

Seleksi Peserta BJB 2019 Dimulai

ALBERTUS/RB
MENDAFTAR: Kadispendik Kaur bersama siswa peserta BJB dari berbagai sekolah saat mendaftar ke Dispendik Kaur kemarin (21/1).

KOTA BINTUHAN – Mulai kini Dinas Pendidikan Kaur mulai seleksi peserta Bintang Jemput Bintang (BJB) tahun 2019. Beberapa sekolah kemarin (21/1) sudah menyampaikan siswa terbaiknya untuk ikut seleksi beasiswa gratis baik dalam dan luar negeri.

Setiap sekolah tingkat SMA/SMK dan MA mengirim jumlah calon BJB ke Dispendik Kaur bervariasi sesuai akreditasi sekolah. Sekolah yang akreditasi A dapat mengirim 7 besar siswanya. Sekolah yang terakreditasi B hanya 5 besar siswa dan sekolah akreditasi C hanya bisa mengirim 3 siswa terbaiknya.

“Kini semua sekolah sudah kita informasikan untuk segera menyampaikan syarat administrasi calon BJB 2019. Siswa minim lima semester  belajar di sekolah tersebut. Ini juga untuk mengantisipasi siswa pindahan dari luas yang ingin dapat beasiswa BJB,” terang Kadispendik Kaur, Endy Yulizar.

Peserta BJB ini adalah mereka yang selama ini juara di sekolahnya dibuktikan nilai rapor setiap semester dan bukti prestasi lain dalam bidang akademik dan non akademik. Dipastikan penjaringan bersih dan benar-benar murni sesuai kemampuan dan kesehatan siswa.

Peserta yang dinyatakan lulus administrasi akan diumumkan Dispendik Kaur. Tentunya dengan sistem perangkingan nilai dari setiap siswa dan sekolah. Seleksi juga akan dibagi beberapa tahap dan Dispendik Kaur akan menggandeng pihak ketiga dalam penjaringan ini.

“Beasiswa yang akan kita berikan tahun ini sama dengan sebelumnya, dua ke Jerman. Dan lima orang lagi beasiswa khusus dalam negeri. Untuk dalam negeri akan melakukan tes lagi, karena universitas yang bekerjasama dengan kita yang akan menentukan,” demikian Endy.(cik)

Berita Lainnya

Terlibat Penipuan Jual Beli Durian, Warga Muara Sahung Diamankan Polisi

KOTA BINTUHAN – Satreskrim Polres Kaur yang dipimpin oleh Kanit Pidum Ipda Rizqi Dwi Cahya, ...

error: Content is protected !!