Selasa , 18 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Tari Gandai Siap Catat Rekor Muri

Tari Gandai Siap Catat Rekor Muri

RAPAT: Pertemuan Kadiskominfo Mukomuko dengan Bidang Kebudayaan Disdikbud sebagai pelaku seni Tari Gandai dan camat, kemarin (21/1).

MUKOMUKO –Semangat dan antusias luar biasa ditunjukkan para pelaku seni Tari Gandai Kabupaten Mukomuko. Meski diguyur hujan sejak pagi tidak menghalangi para pelaku seni Tari Gandai hadir ke Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Mukomuko.

Kehadiran para pelaku seni tersebut untuk mensukseskan agenda pencatatan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) Tari Gandai massal. Dengan target jumlah peserta 1.000 penari lebih.

Mereka yang datang ini dari Kecamatan Malin Deman, Air Rami, Ipuh, dan juga pelaku seni Tari Gandai Kecamatan Lubuk Pinang serta V Koto.

“Alhamdulillah, sudah hadir 35 pelaku seni Tari Gandai se-Kabupaten Mukomuko,’’ ungkap Kasi Pelestarian Nilai Sejarah Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupten Mukomuko, Isra, S.Sn didampingi Kasi Pelestarian serta Pembinaan Seni Budaya, Widarso, S.Sn.

Semangat dan antusias dari pelaku seni Tari Gandai ini karena pencatatan rekor MURI ini dipentas, karena Tari Gandai dari Kabupaten Mukomuko. sebagai Warisan Budaya Tak Benda di Indonesia oleh pemerintah pusat. Ditambah dengan kegiatan pencatatan rekor MURI, diinisiasi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko.

“Terdata ada 2.110 orang penari Gandai siap memecahkan rekor Muri ini. Kami juga bersama pelaku seni, sesepuh Gandai sudah melatih 8 gerak. Dengan durasi tampil 25 menit. Kita harapkan ada gladi kotor dan gladi bersih. Agar ada kesatuan yang utuh saat tampil,” jelas Isra.

Camat Air Dikit Iskameri, memuji apa yang diinisiasi PWI Mukomuko. Pihaknya berupaya menyukseskan kegiatan itu dengan mengerahkan seluruh pelaku seni Tari Gandai di Kecamatan Air Dikit. Dan masyarakat sangat bangga, apalagi Gandai merupakan satu-satunya, hanya Mukomuko yang punya.

‘’Salut dengan PWI Mukomuko. Mudah-mudahan dengan ada sinergitas kita, ini bisa terwujud. Karena harapannya Tari Gandai bukan saja milik Mukomuko, tetapi Provinsi Bengkulu, bahkan dunia,” papar Iskameri.

Rapat kemarin dipimpin Kepala Diskominfo Mukomuko Drs. H. Ruslan, M.Pd. Turut hadir Ketua PWI Mukomuko Amris Tanjung, S.HI. Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Bengkulu Budi Hartono, SP.

Kabag Humas dan Protokoler Setdakab, Winarno, M.Pd dan Sekretaris Disparpora Mukomuko, Darmadi, S.Sos beserta jajaran.

“Kabupaten Mukomuko diamanahkan menjadi tuan rumah HPN tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019. Atas inisiasi PWI Mukomuko, Pemkab Mukomuko gelar event besar yakni pencatatan rekor MURI. Jadi ini tugas kita bersama menyukseskannya,” kata Ruslan.(hue)

Berita Lainnya

35 OPD Rapor Biru

MUKOMUKO – Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) merilis realisasi serapan anggaran masing-masing Organisasi ...

error: Content is protected !!